Kinerja Lambat, Bupati Harus Evaluasi OPD

0
689

ANAMBAS – BURUKNYA kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas diminta melakukan evaluasi kinerja terhadap sejumlah kepala OPD. Menurut Ketua Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Anambas Muhammad Dai, sejumlah kepala OPD tidak maksimal dalam menjalankan tugasnya.

”Kita minta pemerintah daerah, untuk segera melakukan evaluasi terhadap kinerja OPD usai lebaran ini,” tegas Muhammad Dai, Senin (10/7). Pasalnya, banyak sejumlah SKPD yang kinerjanya lambat dan tentunya akan mengganggu kinerja pemerintah daerah yang sedang fokus memacu laju pembangunan. Ia mengharapkan, tidak ingin laju pembangunan terhambat akibat lambannya kinerja yang telah digariskan sesuai dengan perencanaan program pemerintah. Namun, Muhammad Dai tidak menyebutkan kinerja OPD mana yang selama ini lambat bekerja.

Baca Juga :  Jaringan PRB Segera Diaktifkan

”Tak perlu disebutkan, dan saya minta Bupati dan Wakil Bupati bukan hanya mengevaluasi semata. Namun, segara adakan mutasi jabatan jika kinerja kepala OPD yang dilantik sebelumnya tidak sesuai harapan,” jelasnya. Ia menambahkan, pemerintah harus fokus dengan segala perencanaan untuk membangun Anambas. Dengan mengevaluasi kinerja kepala OPD, agar perencanaan pembangunan di Anambas lebih maksimal sesuai dengan harapan.

”Kita inginkan bukan hanya evaluasi saja, dan akhir dari evaluasi tersebut harus dijalankan sesuai denga visi dan misi bupati. Sehingga dapat terealisasi dengan baik, bukan hanya diatas kertas saja,” sebutnya. Selain itu, ia menganggap salah satu dinas yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) yang telah melakukan banyak perubahan terkait pelayanan serta program-program pembangunan yang telah dijalankan. Sehingga, Dinkes patut dijadikan contoh untuk dinas lainnya.

Baca Juga :  Dukung Program KB, Bupati Raih Penghargaan

”Sebelumnya kita pasti tahu, bagaimana kinerja Dinkes sebelumnya. Tetapi dengan langkah kerja bupati, sehingga mampu memacu semangat kinerja yang kini telah menunjukkan hasil yang baik,” terangnya. Ia menyarankan, agar bupati mengevaluasi dan menempatkan kepala OPD sesuai dengan kemampuan, kompetensi, dan spesialisasi keilmuan yang dimiliki.

”Semua keputusan itu berada di tangan Bupati dan Wakil Bupati, kita DPRD ini menyarankan agar kedapan dapat lebih baik lagi. Terutama penempatan kepala OPD yang harus sesuai kemampuannya,” tutupnya.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here