Kinerja OPD Lambat, Proyek Belum Dilelang

0
797
BANGUNAN: Pengerjaan proyek pembangunan Kantor Bupati Anambas sedang berlangsung. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Anambas gerah dengan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinilai sangat lambat.

Pasalnya, hingga akhir Mei sejumlah paket strategis dengan nilai proyek yang cukup besar belum dilelang untuk pengerjaannya. Hal ini membuat DPRD mempertanyakan keseriusan OPD, Khususnya Dinas Perkerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) dalam melaksanakan kegiatannya.

Yusli ketua Komisi III DPRD Anambas mengatakan, tidak hanya paket strategis tersebut yang belum dilelang.Namun, sejumlah proyek Penunjukan Langsung (PL) juga belum bisa di kerjakan khususnya untuk kegiatan fisik.

Baca Juga :  Penderita HIV Meningkat Terus

”Rata-rata kegiatan masih belum dikerjakan, sedangkan saat ini sudah memasuki bulan Juni,” ujar Yusli.

Menurtutnya, jika seperti ini kapan lagi akan dilaksanakan pengerjaanya.

”Mereka selalu menyalahkan pihak lain dengan berbagai alasan. Kita minta bupati segera mengevaluasi kinerja para OPD khusus di DPUPR,” tegasYusli.

Yusli menuturkan, ada yang menyebutkan alasan mengenai kesalahan nama pada nomenklatur kegiatan proyek.Kesalahan yang dimaksud, kegiatan itu di kecamatan Siantan, tapi dinomenklaturnya ditulis Kecamatan Palmatak.

Oleh sebab itu, Badan Keuangan Daerah (BKD) tidak berani instruksikan melaksanakan kegiatan dengan kekakhawatiran tiddak bisa dibayarkan. DPRD dalam waktu dekat akan segera mungkin memanggil OPD terkait, untuk meminta klarifikasi terkait hal ini.

Baca Juga :  3.500 Anak Sudah Memiliki KIA

”Karena persoalan semacam ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, dan yang akan di rugikan adalah masyarakat,” sebut Yusli.

Keterlambatan pelelangan kegiatan pembangunan semacam ini, hanya terjadi di Dinas PU dan Perhubungan.Ia meyakini, langkah pemanggilan OPD mesti dilakukan akan segera mengetahui penyebab persoalan lambatnya lelang proyek strategis tersebut. Yusli juga meminta kepada OPD terkait, untuk benar-benar serius dalam melaksanakan kegiatannya.

”Ia mewanti-wanti agar anggaran tersebut jadi Silva, dan tentunya masyarakat yang akan dirugikan karena terhambatnya pembangunan akibat lambannya OPD,” ungkapnya.

Baca Juga :  Polres Siap Amankan Pemilu

Ia berharap, kedepan OPD mesti optimal dalam berkerja mendukung visi misi pembangunan bupati.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here