KKLN, Stisipol Kunjungi Konsulat RI di Thailand

0
263
ENDRI Sanopaka, Ketua Stisipol Rja Haji Tanjungpinang ketika membuka pembicaraan untuk dialog antara mahasiswa dan pihak Konsulat RI di Songkhla, Thailand di hadapan mahasiswa KKLN dan konsuler RI. f-istimewa

THAILAND – Rombongan mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang bertolak ke Hatyai, Thailand. Rombongan KKLN ini berkunjung ke Kantor Konsulat RI di Songklha, Senin (5/8) kemarin.

Sehari sebelumnya, mereka kunjungan dan mengikuti kuliah umum di Kampus University Utara Malaysia (UUM) di Kedah, Malaysia yang membahas tentang isu politik Indonesia pasca-pemilihan presiden serta isu politik Malaysia dan Thailand.

Ketua pelaksana KKLN Ferizone S.Sos MPM mengatakan, sebelum rombongan KKLN berkunjung ke Konsulat RI di Songklha, mahasiswa diberikan waktu untuk melihat Kota Hatyai dan melanjutkan eksplorasi untuk membuat laporan dari pengamatan di lapangan.

”Kami di Songklha, melaksanakan kunjungan ke Konsulat RI di sini. Dimana tadi kami diterima oleh konsuler Syamsu Rizal,” ucap Ferizone melalui pesan Whatsapp, kemarin.

Rombongan KKLN ke Songkhla ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan fungsi dari Konsulat RI di Thailand.

”Di konsulat kemarin, pembicaraan pertemuan diarahkan untuk membahas mengenai perkembangan ilmu pengetahuan. Terutamanya memanfaatkan ilmu pengetahuan, dalam mempertimbangkan kebijakan publik yang dibuat untuk kemajuan bangsa,” tambah Ferizone.

Sebagai perwakilan dari Indonesia, Konsulat RI berperan untuk membantu warga masyarakat Indonesia yang ada di Thailand. Baik itu mahasiswa ataupun pekerja Indonesia yang ada di sana.

Selain itu, juga berperan sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Indonesia untuk mengenalkan seni budaya Indonesia ke warga Thailand.

”Jika terdapat masalah dalam hal pendidikan, ataupun kerja warga Indonesia di sini, kami siap membantu,” tutur Ferizone yang melanjutkan apa yang dibicarakan dari konsulat RI Songkhla, Thailand.

Selain itu, dalam perbincangan bersama konsulat, salah seorang konsuler mengatakan, bahwa saat ini kondisi ekonomi Thailand hanya tumbuh sekitar 3,5 persen (%).

Namun demikian, currency atau nilai tukar mata uang Bath terus meningkat dibandingkan dengan nilai tukar Rupiah dan Ringgit.

Dalam kunjungan rombongan KKLN Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, rombongan KKLN juga diberikan kesempatan untuk sesi tanya jawab dari pembicaraan bersama Konsulat RI tersebut.

”Setelah selesai kunjungan tersebut, rombongan berkeliling melihat area sekitar kantor Konsulat RI tersebut untuk tambahan laporan bagi mahasiswa. Selanjutnya, rombongan akan kembali ke negara Malaysia menuju Kuala Terengganu untuk kegiatan berikutnya,” tutup Ferizone S.Sos MPM. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here