KKN, Mahasiswa UMRAH Ikut Berantas Nyamuk

0
112
MAHASISWA KKN UMRAH Tanjungpinang foto bersama usai melaksanakan gotong-royong sekaligus memberantas sarang nyamuk bersama masyarakat di Kelurahan Batu IX, RW 10, pekan lalu. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Banyak manfaat yang dirasakan masyarakat Tanjungpinang dengan hadirnya mahasiswa yang menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN). Salah satunya ikut memberantas sarang nyamuk.

Pada tanggal 26 Juli 2020, KKN Tematik Covid-19 Kelompok 32 Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kota Tanjungpinang melaksanakan gotong-royong sekaligus Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bersama masyarakat di Kelurahan Batu IX, RW 10.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan baik sekaligus dibuka oleh Said Fatahullah sebagai Lurah Batu IX. Dari kegiatan tersebut, lurah pun berharap pada masa pendemi ini kita boleh fokus pada virus Korona, namun harus tetap waspada dengan gejala Demam Berdarah Dengue (DBD).

Adapun keikutsertaan masyarakat begitu antusias dalam kegiatan gotong-royong dan pemberantasan sarang nyamuk dengan didampingi oleh petugas dari Puskesmas Mekar Baru serta mahasiswa yang tergabung dalam KKN Tematik Covid-19 Kelompok 32 Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Nurdin Pastikan Pemangkasan Birokrasi

Selain itu juga, masyarakat diberi wawasan mengenai DBD mulai dari pencegahan hingga penanggulangan oleh petugas Puskesmas Mekar Baru dan berkerjasama dengan mahasiswa KKN kelompok 32 Tanjungpinang.

Namun pada kegiatan tersebut mahasiswa dan petugas puskesmas langsung terjun ke rumah masyarakat untuk melakukan pengecekan bak mandi, selokan, dan beberapa tempat yang bisa menjadi berkembangbiaknya nyamuk DBD.

Kemudian mahasiswa dan petugas juga mensosialisasikan penggunaan Abate (Anti jentik), sekaligus memberikan Abate secara gratis kepada masyarakat sekitar RW 10.

Salah satu petugas Puskesmas Mekar Baru Yuni menyampaikan bahwa sesuai dengan data yang ada di puskesmas RW 10 merupakan daerah dengan tingkat DBD tertinggi di Kelurahan Batu IX.

Oleh sebab itu, ucapan terimakasih dilontarkan oleh Ketua Rukun Warga (RW) 10, kepada Petugas Puskesmas Mekar Baru serta mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN 32 Tanjungpinang.

Baca Juga :  Geopark Belum Dongkrak Wisman

Karena telah memberikan edukasi terkait bahayanya namuk yang dapat menyebabkan DBD. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini masyarakat pun merasa mendapatkan perhatian dari petugas puskesmas dan mahasiswa.

Dengan berjalannya gotong-royong dan pemberantasa sarang nyamuk, maka diharapkan tidak terjadi peningkatan kasus positif DBD di Kelurahan Batu IX khususnya RW 10.

”Karena tujuan dari gotong-royong dan pemberantasan sarang nyamuk, yaitu agar seluruh kalangan masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Sekaligus mengerti bagaimana cara mencegah dan menanggulangi demam berdarah (DBD),” ujar Jamaludin, sebagai ketua kelompok KKN 32 Kota Tanjungpinang.

UMRAH Tanjungpinang tetap mengadakan KKN di tengah pandemi Covid-19 ini. Namun, pada pelaksanaan KKN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Pasalnya peserta KKN hanya tersebar di 30 desa/kelurahan di Kabupaten Bintan. Untuk Kota Tanjungpinang, peserta KKN UMRAH disupervisi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Tanjungpinang karena langsung bersentuhan ke masyarakat.

Baca Juga :  Gubernur Ajak Warga Rutin Diskusi Pembangunan

Meskipun berbeda dengan KKN yang pernah ada, akan tetapi KKN tetap dilakukan secara berkelompok dalam jangka waktu kurang lebih satu bulan.

Pada periode ini, KKN dilaksanakan pada tanggal 13 Juli hingga 22 Agustus 2020 dengan jumlah sebanyak 741 peserta KKN.

Terkait program kerja pelaksanaan KKN yaitu dengan mengisi kegiatan yang berkaitan dengan penanggulangan penyebaran Covid-19.

Akan tetapi, bagi peserta yang ingin menambah program kerja selain yang berkaitan dengan Covid-19 juga diperbolehkan.

Pelaksanaan kukerta dapat memberikan manfaat dan kontribusi pada pembangunan desa dan bermanfaat pula bagi mahasiswa dalam penerapan ilmu dan pengabdian kepada masyarakat desa. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here