KKN UMRAH Ikut Meriahkan HUT RI di Karimun

0
205
ANAK-anak seusia sekolah tengah bersemangat memunguti sampah yang berserakan bersama mahasiswa KKN UMRAH di Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. f-istimewa/kurniawan

KARIMUN – Kelompok mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang turut serta menyukseskan dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan mendatang.

Kelompok KKN di Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun itu memulainya dengan kegiatan senam sehat bersama warga desa setempat, Minggu (4/8) pekan lalu.

Namun, masih banyak kegiatan lainnya yang akan digelar hingga HUT RI nanti.

Hendri Kurniawan, Ketua kelompok KKN Desa Pangke Barat mengatakan, kegiatan senam sehat yang dilaksanakan turut melibatkan perangkat Desa Pangke Barat dan masyarakat setempat.

”Mulai dari kegiatan senam sehat, dan kegiatan lainnya akan digelar setiap hari Minggu. Kemarin, setelah senam sehat kami juga melanjutkan dengan kegiatan membersihkan lingkungan pemukiman di Desa Pangke Barat. Dengan mengutip sampah yang berserakan di jalan,” ujar Endi, sapaan akrab Hendri Kurniawan, kemarin.

Ia melanjutkan, selepas acara keduanya selesai lalu dilanjutkan dengan hiburan musik yang disediakan oleh desa seperti karaoke bersama pemuda dan masyarakat Desa Pangke Barat.

Menariknya, lanjut Endi, sampah yang sudah dipungut dikumpulkan menjadi satu wadah. Dimana, Desa Pangke Barat ada memiliki bank sampah. Sehingga, sampah yang bisa didaur ulang diproses di Desa Pangke Barat.

”Dengan menggerakkan gotong-royong, kami juga mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan plastik yang berlebihan. Terlebih, saat ini Indonesia tengah dihadapi oleh isu menggunungnya sampah plastik dan tentunya buruk bagi lingkungan dan kehidupan manusia,” jelas Endi, mahasiswa yang menempuh kuliah di Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP-UMRAH).

Saat ini, Indonesia penghasil sampah plastik terbesar kedua setelah Cina. Jika tak diatasi, maka lautan akan penuh sampah. Semua harus bergerak untuk membersihkannya.

Endi menambahkan, pada malam puncak 17 Agustus nanti akan ada kegiatan pawai takbiran.

Kelompok KKN Kampus UMRAH di Desa Pangke Barat, terdiri dari 5 orang mahasiswi dan 5 orang mahasiswa. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here