KKP Periksa Semua Penumpang Internasional

0
327
PERSONEL Bea dan Cukai dari KPPBC Tipe Madya Pabean B TB Karimun memeriksa penumpang asal luar negeri di Pelabuhan Internasional untuk mengantisipasi masuknya narkoba, Rabu (7/3). F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Pihak Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Polres Karimun meningkatkan pengamanan kawasan seluruh pelabuhan dari Pelabuhan Domestik, Pelabuhan Internasional serta Pelabuhan Rakyat atau antarpulau dan Pelabuhan Pribadi.

”Kami menggandeng TNI, KSOP, Bea dan Cukai bersama saling bersinergi menjaga kawasan Pelabuhan di Tanjung Balai Karimun. Untuk mengantisipasi masuknya barang terlarang, seperti narkoba, pakaian bekas, rokok, minuman beralkohol atau barang bekas lainnya,” kata AKP Syarifudin Anwar, Kapolsek KKP Karimun, Rabu (7/3) sore kemarin.

Untuk itu, lanut Syarifudin, pihaknya memantau setiap orang dan barang keluar masuk ke wilayah Karimun dengan cara mengaktifkan penggunakan mesin pendeteksi X-Ray di Pelabuhan Internasional dan melakukan pemeriksaan penumpang yang datang dari luar negeri terutama dari Malaysia.

”Kami meningkatkan penumpang kapal feri dari Malaysia. Karena disinyalir kerap datang membawa narkoba jenis sabu-sabu dan ganja. Sebagaimana dengan temuan beberapa kasus penumpang asal luar negeri yang didominasi dari Malaysia,” tambah dia.

Berbagai modus pelaku untuk mencoba memasukkan narkoba dengan cara menaruhkan barang haram di sol sepatu, dubur, dililit di paha dan badan dan modus lainnya.

Hanya mereka tidak berhasil mengelabui petugas, sehingga dapat terciduk dengan melihat dari gerak gerik ketika bertemu dengan petugas.

Ia berharap, kerja sama semua pihak termasuk penumpang asal luar negeri untuk memberitahukan jika ada melihat gerak-gerik orang yang mencurigakan selama didalam kapal ketika hendak ke Karimun terutama dari Malaysia.

Rabu (7/2) kemarin, pemeriksaan rutin mulai dilaksanakan. Penumpang asal luar negeri dilakukan pemeriksaan badan dengan cara digeledah dan barang bawaan melalui pemeriksaan X Ray. (yon)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here