KM Bhaita Jaya Prima Kandas di Depan Pulau Penyengat

0
770
Kapal Motor (KM) Bhaita Jaya Prima kandas diperairan depan pulau Penyengat

TANJUNGPINANG – Kapal Motor (KM) Bhaita Jaya Prima GT 1479 pengangkut barang dari Sunda Kelapa menuju Pelabuhan Bongkar Muat Sri Payung, Batu 6 kandas di perairan Tanjungpinang tepat di depan Pulau Penyengat.

Kasi Keselamatan dan Pelayaran KSOP Tanjungpianang, Alimin Moko Dompit mengatakan, kapal kandas di kawasan itu sudah dua hari terakhir. Hingga hari ini, Jumat (1/6) kapal masih pada posisi yang sama.

Pihaknya sudah menerima laporan dari agen kapal PT Cuaca Servicamata yang dinakhodai oleh Abu Musa Asmawi. Diduga kandasnya kapal karena jalur yang dilewati dangkal. “Kita masih melihat kedalaman perairan jika tidak mencukupi muatan barang akan dipindahkan ke kapal lain,” katanya Kamis (31/5).

Alimin menyebutkan, kapal tersebut sudah berada di alur laut yang benar, kemungkinan adanya pendangkalan yang menyebabkan kapal tersebut kandas. Lanjutnya, keberadaan kapal kandas tersebut, tidak menggangu jalur pelayaran kapal lainnya. Menurutnya, posisi kapal tersebut tidak menghalangi kapal lainnya yang akan melintas.

“Kapal btersebut menuju Pelabuhan Bongkar Muat Sri Payung Tanjungpinang, namun saat melintasi perairan tersebut kandas karena pendangkalan air laut,” sebutnya.

Isi kapal barang itu mengangkut semen dan kendaraan roda empat serta barang-barang lainnya. Pihaknya juga akan memeriksa kapal sebagai bentuk pengawasan di jalur pelayaran.

“Kami akan memeriksa dokumen dan manifes kapal itu. Sampai saat ini kejadian itu tak mengganggu kapal yang melintasi,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here