KM Bukit Raya Berlayar Kembali

0
1073
KAPAL KM Bukit Raya saat bersandar di Pelabuhan Tarempa kembali berlayar setelah tertunda beberapa hari akibat tingginya gelombang laut. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Kondisi gelombang tinggi di perairan laut Anambas dan Natuna, masih menjadi kendala pelayanan transportasi antardaerah.

Sejumlah moda transportasi menuju Anambas tidak berlayar, baik kapal Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) maupun kapal feri dan kapal kargo.

Mestinya kapal Km Bukit Raya sudah sandar di Pelabuhan Tarempa tanggal 14/1 kemarin dari pelabuhan Selat Lampa (Natuna).

Namun, akibat gelombang tinggi kapal tersebut melakukan penundaan keberangkatan dari Pelabuhan Pontianak menuju Kabupaten Natuna.

”Kapal KM Bukit Raya kemarin tunda berlayar selama dua hari, dan sandar di pelabuhan Pontianak. Tapi saat ini, kapal tersebut sudah berlayar dari Pelabuhan Pontianak menuju Pelabuhan Serasan (Natuna),” ungkap Hubul Ikhsan, sebagai agen PT Pelni di Tarempa kepada wartawan, kemarin.

Menurut informasi yang diperoleh dari BMKG, pihak PT Pelni tidak membenarkan kapal itu berlayar. Gelombang laut ketika itu, hingga mencapai 6 meter dan tentunya membahayakan keselamatan penumpang. Untuk itu, keselamatan penumpang diprioritaskan dengan menunda keberangkatan.

Dalam hal ini tidak ada unsur kesengajaan dalam tidak melayani pelayanan terhadap masyarakat, pastinya semua tentu ada sebab dan akibat.

Ikhsan menerangkan, saat ini KM Bukit Raya sedang dalam perjalanan Pontianak menuju Serasan. Dan dikabarkan KM Bukit Raya tiba di Tarempa pada Rabu (17/1) malam menuju Kijang dan Tanjung Priok.

”Selama cuaca ekstrem, kapal tersebut berlabuh di Pontianak menunggu cuaca teduh. Alhamdulillah, cuaca mulai teduh sehingga pelayaran sudah disetujui oleh Syahbandar Pontianak,” jelasnya.

Tambahnya, saat ini pelayaran yang dilakukan kapal Pelni line panjang artinya melayani tujuan Jakarta. Setelah dari Jakarta, kapal akan kembali lagi ke Pelabuhan Sribayintan di Kijang dan begitu seterusnya. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here