KM Bukit Raya Ujicoba Sandar

0
939
NAIK : Para penumpang saat akan menaiki KM Bukit Raya di Serasan, Natuna. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Untuk melayani arus mudik tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan melakukan ujicoba kapal KM Bukit Raya untuk sandar di Pelabuhan Serasan pada 25 Juni mendatang. Uji coba yang akan dilakukan, merupakan tindaklanjut surat perintah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada PT Pelni.

Kepala Dishub Natuna Iskandar Dj mengatakan, pelabuhan Serasan sudah selesai dibangun sejak 2015 lalu. Hanya saja, sampai saat ini belum bisa difungsikan lantaran masih ada beberapa fasilitas yang belum terpasang. ”Rambu laut atau Penunjuk Alur Laut (PAL), menuju pelabuhan Serasan belum ada. Di samping itu, ada batu karang besar berada persis dekat pelabuhan,” ujar Iskandar Dj, Kamis (15/6).

Menurutnya, dua poin ini akan menjadi pertinbangan pihak Pelni. Untuk itu, pihaknya bersama PT Pelni akan dilakukan ujicoba terlebih dahulu. Iskandar menerangkan, selama ini masyarakat harus menggunakan kapal pompong untuk naik ke KM Bukit Raya dari pelabuhan. Kondisi tersebut, dirasa sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang yang akan berangkat maupun tiba.

”Kalau sudah bisa sandar, maka proses naik turun penumpang tidak lagi di tengah laut. Ini harapan masyarakat Serasan dan pemerintah daerah,” terangnya. Terkait moda transportasi laut selama mudik lebaran, masyarakat kepulauan akan dilayani tiga kapal perintis dan satu KM Bukit Raya.

Masing-masing kapal yakni, KM Sabuk Nusantara 30, 39 dan 59 dengan kapasitas angkut sebanyak 250 penumpang. ”Kapal perintis akan melayani rute Pulau Laut, Ranai, Sedanau, Pulau Tiga, Midai, Subi dan Serasan. Jadwalnya nanti kita umumkan,” ungkapnya. (cr25)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here