KM Indra Perkasa Resmi Masuk KIB

0
80
KAPAL cepat milik Pemkab Natuna senilai Rp26 miliar untuk mendukung tugas dinas ke wilayah pulau-pulau. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Kapal Motor (KM) Indra Perkasa 159 sudah dinyatakan masuk Kartu Inventaris Barang (KIB) milik Pemerintah Kabupaten Natuna, meskipun kapal tersebut belum lunas dibayar.

Kepala Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Natuna Diki Kusnadi mengatakan, kapal tersebut sudah secara resmi menjadi aset daerah.

”Kapal KM Indra Perkasa sudah masuk aset, ia sudah masuk di KIB sejak beberapa waktu lalu,” kata Diki di ruang kerjanya, Selasa (28/8) kemarin.

Ia menjelaskan, kapal tersebut belum lunas dibayar ke perusahaan pembuatnya.

Sementara, tunggakan yang belum dibayar sekitar Rp10 miliar dari total anggaran pembuatannya sebesar Rp26,8 miliar.

Namun, keberadaan kapal itu bisa dimasukkan ke KIB karena pemerintah sudah secara resmi mengakui tanggungan hutangnya.

”Kalau sekiranya kita belum mengakuinya sebagai hutang maka kapal itu akan tercatat di Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP). Tapi kapalnya sudah sah jadi barang milik pemerintah,” sebutnya.

Selain itu, pemerintah juga sudah secara resmi menyatakan kesiapannya menunaikan tanggungjawabnya sebagai penanggung hutang terhadap perusahaan. ”Kita upayakan tahun ini pembayarannya tuntas. Insya Allah melalui APBD Perubahan,” ujar Diki.

Kapal KM Indra Perkasa diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Natuna melalui anggaran tahun 2017 dengan total anggaran Rp26,8 miliar. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here