KNPI Hebat Pemuda Kuat

0
279
suhardi

Oleh: Suhardi
wartawan

Tak boleh ada kata menyerah. Organisasi pemuda harus hebat. Tentunya setelah organisasi hebat akan membuat pemuda pemuda menjadi kuat. Beda kalau merasa hebat dan kuat namun hanya saling pandai bersitegang bahkan dengan karif sendiri, keluarga, atau bahkan pernah kongkow bersama. Tanpa bersama-sama memikirkan pembangunan di negeri ini, tentu jauh dari harapan kuat dan hebat.

Saya sering membaca tulisan Ketua Umum KNPI 2015-2018, Muhammad Rifai Darus di halaman media ternama di Indonesia. Izinkan saya mengutip bait demi baitnya itu. Dalam penggalan tulisannya, bahwa beliau menceritakan, KNPI adalah wadah tempat berkumpulnya para kepemudaan, kader terbaik bangsa ini.

Pemuda yang seyogjanya sudah terbentuk karakteristik, mentalitas, kearifan serta kematangan dalam menempatkan kepentingan tanpa harus memikirkan pribadi mereka.

Meskipun belum pernah bertemu apalagi berdiskusi tentang pemuda dan gerakan saat ini, namun yang paling penting menurut dia, KNPI adalah wadahnya para kawula muda yang hebat dan kuat.

Tak hanya Rifai Darus, kabar hebatnya lainnya, datang dari kepiawaian seorang Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO). Dirinya bertekat bahwa pada Oktober mendatang, kabarnya dua kubu di tubuh KNPI, OSO berhasil memediasi, sehingga timbul kesepakatan baik, untuk menggelar kongres bersama rencananya akan digelar di Aceh, Oktober mendatang. Ini kabar gembira bukan.

Sebagai pemuda yang masih menginjak usia 28 tahun, saya bangga menjadi pemuda di negeri melayu ini. Pemuda hari ini, tengah di landa sakit gigi. Di dalam hatinya, tengah penuh gundah namun tak mampu mencarikan obat penawar supaya menyembuhkan kegundahan itu.

Pemuda yang hebat, harus menghalau kegalauan sakit gigi yang berkepanjangan. Biarkan, nenek-nenek usia 80an tahun, yang harus terpaksa melepaskan gigi mereka, karena termakan usia.

Pemuda yang diharapkan bangsa ini, adalah pemuda yang hebat dan kuat, berani melakukan perbaikan, merubah pola pikir, kreatif, mandiri, super dalam menjalankan amanah yang diberikan terhadap dirinya.

“KNPI bukan wadah kepemudaan yang lemah,”

Dulu KNPI pernah dan berani menunjukkan dedikasi terbaik terhadap pembangan negeri ini. Dedikasi itu tak hanya terhadap tokoh hiburan, melainkan juga bapak pembangunan, tokoh sejarahwan serta banyak lagi lainnya.

Pandangan ini hanya untuk membuka mata batin, kita sebagai pemuda yang merasa hidup senang di era saat ini. Kita harus berani memikirkan tanah kelahiran ini, agar segala pandangan negatif itu, mudah dipecahkan. Dalam tulisannya Muhammad Rifai Darus, sejak 23 Juli 1973, KNPI berdiri, bahwa di dalam tubuh KNPI wadahnya berhimpun kaum muda Indonesia yang hebat serta kuat.

Bahkan waktu itu, dia menceritakan, KNPI terdiri dari beragam latar, di tubuh KNPI juga terdapat organisasi kemahasiswaan, keagamaan, bahkan sayapnya partai politik diciptakan. Apalagi KNPI memiliki basis yang sangat kuat, berada di level provinsi, kota bahkan kabupaten hingga tingkat kecamatan sampai kelurahan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here