Koalisi PKS-Gerinda Tanpa Calon

0
752
DEKLARASI: Pengurus PKS dan Partai Gerindra Kota Tanjungpinang mendeklarasikan berkoalisi pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang 2018, Kamis (15/6) di BBR Hotel Tanjungpinang. f-ist/humas pks

Jelang Pemilihan Wako dan Wawako Tanjungpinang 2018

Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) dan Partai Gerindra akan melanjutkan langkah seperti di Pilkada DKI lalu dengan kembali berkoalisi pada Pilkada Kota Tanjungpinang 2018.

TANJUNGPINANG – Meskipun belum menentukan calon wali kota dan wakil wali kota yang diusung di pilwako 2018, namun kedua partai ini telah menggelar deklArasi koalisi di Hotel Bintan Beach Resort (BBR) Tanjungpinang, Kamis (15/6). Koalisi ini dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Tanjungpinang, Alfin M Nur. Koalisi ini diberinama koalisi Koalisi Gerakan Tanjungpinang Sejahtera (Setara).

Kata Endang Abdullah, koalisi Setara dibentuk, sesuai perintah serta arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra di pusat. Karena Gerindra-PKS adalah parpol yang sudah berkoalisi di pusat, saat di pilkada DKI Jakarta yang mengusung pasangan Anies Baewedan dan Sandiaga Uno.

”Alhamdulillah kita menang di Pilgub DKI Jakarta kemarin. Jadi, di Pilkada Tanjungpinang kita meneruskan koalisi di Jakarta saja,” kata Endang Abdullah kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Kata dia, Partai Gerindra memiliki tiga kursi DPRD Kota Tanjungpinang. Begitu juga dengan PKS, yang memiliki tiga kursi di DPRD Kota Tanjungpinang. Artinya, Koalisi Setara telah mengantongi enam kursi di DPRD Kota Tanjungpinang. Dan sudah bisa mengusung calon sendiri. Meskipun sudah memiliki enam kursi, sambung dia tidak menutup kemungkinan parpol lain bisa ikut gabung bersama Koalisi Setara.

”Kita persilakan partai politik lainnya untuk gabung bersama-sama melakukan koalisi Setara,” ucap dia. Politisi partai yang dipimpin Prabowo Subianto ini, enggan menyebutkan siapa nama Calon Wali Kota (Cawako) atau Calon Wakil Wali Kota (Cawawako) Tanjungpinang saat ditanya oleh awak media.

”Kalau siapa nama Cawako atau Cawawako Tanjungpinang, kita akan duduk dan bicara dulu bersama Koalisi Setara. Nanti, pasti bakalan di kasih tau juga,” terangnya. Dia berkeinginan, kader dari Partai Gerindra menjadi bursa Cawako maupun Cawawako Kota Tanjungpinang mendatang tak ada masalah.

”Kita lihat saja nanti. Supaya kita usung Cawako dan Cawako Tanjungpinang bisa menang di Pilwako Tanjungpinang,” harap dia. Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Tanjungpinang, Alfin M Nur menambahkan koalisi Setara yang dibentuk ini merupakan terusan koalisi antara PKS dan Gerindra di pusat.

”Ini amanah dari pimpinan partai kita. Kita ikuti dan jalani perintah pimpin partai,” kata Alfin M Nur. Ia juga enggan menyebutkan nama Cawako dan Cawako Tanjungpinang yang diusung untuk maju di Pilwako Tanjungpinnag 2018 mendatang.

”Nanti tau sendiri. Dua bulan mendekati pendaftaran, kita baru kasih tahu. Ini ibarat orang ingin nikah. Ada pengantin dan undangan. Jadi, saat ini kita belum ingin cetak undangannya dulu. Karena belum waktunya,” ucap dia. Dia katakan, biarkan saja masyarakat Kota Tanjungpinang yang menentukan Cawako dan Cawawako Tanjungpinang diusung oleh PKS dan Gerindra.

”Karena kita ingin rakyat kita bisa makmur, damai dan sejahtera,” sebut dia. Saat disinggung apakah koalisi Setara ini akan mengusung H Lis Darmansyah-H Syahrul? Alfin menjawab, mereka akan mengusung kader sendiri di pilkada Tanjungpinang.

”Koaliasi Setara ini akan mengusung calon sendiri pada saat pilwako mendatang,” tegasnya.  Pengamat politik dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka melihat deklarasi yang dilakukan antara Gerindra dan PKS merupakan momentum yang cukup baik. Karena ini salah satu memancing partai politik (parpol) lainnya melakukan koalisi menuju Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Tanjungpinang.

Ia melihat, deklarasi hingga terbentuknya koalisi Setara ini bisa menjadi koalisi sementara dan berubah. Karena dua parpol tersebut belum mengumumkan siapa calon yang bakal maju di Pilwako Tanjungpinang mendatang. Selama ini, masyarakat tahu bahwa dua parpol memiliki calon masing-masing maju di bursa Pilwako Tanjungpinang.

Seperti calon dari Gerindra muncul nama Endang Abdullah, yang menjabat sebagai Ketua DPC Gerindra Kota Tanjungpinang. Sedangkan di PKS, muncul nama kadernya, yaitu Iskandarsyah. Lanjut kata dia, dari dua nama yang sudah muncul, siapa yang menjadi Calon Wali Kota (Cawako) dan siapa yang menjadi Calon Wakil Wali Kota (Cawawako) Tanjungpinang.

”Apakah Pak Endang mau mengalah untuk menjadi Cawawako Tanjungpinang, yang siap mendampingi Pak Iskandarsyah. Ini yang kita belum tau,” kata Endri kepada Tanjungpinang Pos.(ANDRI-ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here