Kodim 0315/Bintan Naik Jadi Tipe A

0
1019
Kodim 0315/Bintan Naik Jadi Tipe A.

TANJUNGPINANG –  Pengumuman status ini disampaikan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada Juni 2019 lalu dan Komandan Kodim 0315/Bintan akan dijabat oleh perwira berpangkat Kolonel.

Komando Distrik Militer (Kodim) di Indonesia naik dari tipe B ke tipe A. Salah satunya Kodim 0315/Bintan yang wilayah kerjanya Tanjungpinang, Bintan dan Lingga.

Menjelang di serahterimakan  pucuk pimpinan Kodim 0315/Bintan dari Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa kepada Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa akan menandai Status kenaikan Kodim 0315/Bintan pada Sabtu (7/9).

Perubahan Status dari B ke A untuk Kodim 0315/Bintan ini sudah diajukan sejak lama dengan alasan karena wilayah Kota Tanjungpinang merupakan wilayah Ibu Kota Provinsi Kepri yang juga merupakan salah satu Provinsi Terluar di Indonesia.

Baca Juga :  2020, Batam Bakal Kekurangan Air Bersih

Dandim 0315/Bintan Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa beberapa waktu lalu mengakui kenaikan tipe Kodim Bintan ini.

“Untuk level Kodim Tipe A, Komandannya mesti berpangkat Kolonel,” ucapnya saat bincang-bincang dengan wartawan beberapa waktu lalu.

Dari rilis yang dikirim Penrem yang diterima redaksi Tanjungpianng Pos, pemberitahuan kenaikan tipe itu Sesuai dengan SKEP dari Panglima TNI yang sudah diturunkan ke Mabesad dan diturunkan ke Kodam dan Kodam lalu Korem selanjutnya Korem ke Kodim 0315/Bintan. Isinya bahwa Kodim 0315/Bintan sudah dipilih menjadi Kodim tipe A dan ini sudah sesuai dengan hasil kajian yang telah dilakukan beberapa tahun lalu tentang klasifikasi Kodim di masing-masing wilayah terutama wilayah jajaran Korem 033/Wira Pratama.

Baca Juga :  Triwulan I Tahun 2019, Tumbuh 22 Persen

Disebutkan juga dalam rilis itu, untuk pengalihan status Kodim tipe A ada pada beberapa kriteria, yang pertama kriteria penyangga ibu kota provinsi dan kriteria ini masuk ke Kodim 0315/Bintan.

Klasifikasi itu juga telah dikaji berdasarkan tupoksi. Dan tupoksi di wilayah Kodim 0315/Bintan ini permasalahannya sangat cukup kompleks karena berada di wilayah perkotaan dan merupakan pintu masuk wilayah ibu kota provinsi.

Saat ini juga, dengan pengalihan tipe B ke tipe A ini tentunya pucuk pimpinan juga akan berganti dengan pangkat sebelumnya dijabat oleh Letnan Kolonel (Letkol) menjadi Kolonel.

Baca Juga :  OJK Dorong Revolusi Industri Keuangan di Kawasan Perbatasan

Pada sertijab yang akan digelar di Kota Batam yang langsung dipimpin oleh Danrem 033/Wira Pratama Brigjend TNI Gabriel Lema, S.Sos, Dandim 0315/Bintan akan dipimpin oleh seorang Perwira Menengah berpangkat Kolonel.

Dengan kenaikan tipe ini, wilayah Kodim 0315/Bintan masih tetap membawahi wilayah Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Lingga. (*/jek)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here