Kok Ada Pungutan Seragam Sekolah?

0
669
Pulang sekolah: anak-anak sekolah di Bintan tampak riang saat pulang sekolah. f-F- Fatih/tanjungpinang pos

MBS pak Bupati dan Ibu Viven Sumanti, pendidikan gratis itu apakah termasuk pakaian seragam? Sekolah-sekolah di Bintan Utara memungut biaya seragam sekolah yg harus dibayar lunas saat pendaftaran baru. Ini yang sangat memberatkan orangtua wali siswa.
+6283185881924

Tanggapan:
Pemkab Bintan telah menganggarkan Rp 12 miliar agar siswa SD negeri dan SMP negeri bisa sekolah gratis tanpa harus beli baju, buku dan tas lagi. Pendidikan gratis ini mulai diterapkan tahun tahun ajaran 2017-2018 ini. Tapi, pelayanan pendidikan gratis bagi siswa baru ini hanya utuk tingkat SD dan SMP saja, karena SD dan SMP itu wewenang Pemkab. Sementara untuk SMA itu wewenang pemerintah provinsi. Anggaran yang disiapkan tersebut untuk membiayai seragam sekolah sebanyak 5 stel, buku dan perlengkapan sekolah lainnya untuk setiap anak.

Jadi, gratis masuk sekolah untuk anak Bintan. Ini sudah kami susun dan programkan, agar tidak ada anak Bintan yang tidak sekolah karena kendala biaya. Bus sekolah juga kita siapkan dan gratis. Untuk tingkat SMA sudah buka wewenang kabupaten lagi tapi menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi Kepri. Setahu saya, di Kepri belum ada di kabupaten atau kota lain yang menanggung biaya sekolah seperti di Bintan. Jadi, tidak ada biaya lagi yang dipungut oleh pihak sekolah saat masuk tahun ajaran baru ini.

Saat ini pendaftaran penerimaan peserta didik baru sudah selesai. Pendaftaran di tingkat SD/MI dan SMP/MTS di Kabupaten Bintan tidak ada pungutan biaya. Perlengkapan sekolah secara gratis itu diberikan kepada semua siswa baru, sekitar sebulan setelah masuk sekolah. Yang diberikan berupa 5 stel, buku dan sepatu serta kebutuhan lainnya. Seragam ini tidak langsung diberikan ke siswa, karena saat siswa baru masuk sekolah, bajunay diukur dulu baru dibuat agar muat oleh siswa yang memakainya. Ada sekitar 6000 siswa SD dan SMP yang dapat menikmati sekolah gratis ini di Bintan. Jadi jika ada pungutan abaikan saja. (aan/fre)

H Apri Sujadi
Bupati Bintan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here