Komisi III Perjuangkan di Perubahan APBD 2018

0
514
TERAS, plafon dan gedung SDN 004 Kecamatan Mantang kelas jauh Pulau Sirai, sangat memprihatinkan.f-yendi/tanjungpinang pos

Alokasi Rp 350 Juta untuk Rehab SDN 004 Pulau Sirai

BINTANBUYU – Kendala Pemkab Bintan untuk merehab Sekolah Dasar Negeri (SDN) 004 Kecamatan Mantang, kelas jauh Pulau Sirai menjadi pembicaraan DPRD Bintan. Tidak hanya itu, kondisi yang memprihatinkan SDN 004 di Pulau Sirai juga menjadi hal yang harus segera dituntaskan, sampai akhir tahun anggaran 2018 nanti.

SDN 004 Kecamatan Mantang kelas jauh Pulau Sirai ini, memiliki gedung yang sudah ’reot’. Bahkan beberapa tiang kayu penyangga bangunan sudah ada yang miring, dan hampir patah. Meski kondisinya seperti bakal ambruk, para pelajar di daerah pulau terdepan ini, tak pernah mengurungkan niat untuk belajar, setiap harinya.

Baca Juga :  Lobi Gubernur, Bintan Dapat Rp 10 M

Lantai ruang kelas dari bahan semen yang retak dan pecah pun, tak dipermasalahkan bagi pelajar maupun guru yang mengajar. Plafon hancur dan atap berlubang, dianggap sebagai celah untuk masuk angin. Maklum, sekolah dengan cat dinding pudar ini tidak dilengkapi Air Conditioner (AC) seperti sekolah di perkotaan.

”Iya, kami prihatin dengan kondisi SDN 004 itu,” kata Fiven Sumanti, Ketua Komisi III DPRD Bintan, Rabu (8/8) kemarin.

Justru itu, Komisi III bidang pendidikan DPRD Bintan menegaskan, akan menyetujui dan memperjuangkan anggaran untuk kegiatan rehabilitasi gedung SDN 004 Mantang kelas jauh Pulau Sirai, di perubahan APBD 2018 ini. Dewan meminta agar Dinas Pendidikan dan OPD terkait lainnya untuk mengajukan usulan tersebut, lengkap dengan biaya yang diperlukan.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Bagi-bagi Uang Rp 3 Miliar

”Kalau sudah ada usulan, kami perjuangkan agar masuk dalam pengalokasian perubahan APBD 2018 ini. Jangan sampai pula tidak diusulkan. Kalau ada usulannya, kami perjuangkan,” tegasnya.

Mengenai usulan alokasi dana sebesar Rp 350 juta dari Disdik Bintan, Fiven berharap, besaran itu sesuai dengan yang diperlukan kegiatan merehab SDN 004. Sehingga, kegiatan sekali rehabilitasi itu langsung selesai.

”Kalau memungkinkan, kami akan tinjau lokasi di daerah pulau itu,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir SSi MSi menyatakan, pihaknya sudah menerima surat hibah lahan SDN 004 Kecamatan Mantang, kelas jauh Pulau Sirai.

Baca Juga :  Bawaslu dan KPU Beri Pendidikan Protokol Kesehatan buat Warga

”Ya, surat hibah lahan itu sudah ada. Rencananya, di APBD-P 2018 ini, kita anggarkan untuk merehab sekolah tersebut. Sampai akhir tahun 2018 nanti, belum ada pembangunan gedung RKB baru. Anggaran yang kami usulkan untuk rehab di APBD perubahan ini, senilai Rp 350 juta,” kata Tamsir SSi MSi. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here