Komunitas Sosial Peduli ‘Selamatkan’ Anak Penderita Thalasemia

0
117
KETUA Komunitas Peduli Sosial Kabupaten Lingga yakni Melyanti (kiri) bersama Issah Hayumi. f-istimewa/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Komunitas Sosial Peduli Kabupaten Lingga selamatkan seorang anak, Issah Hayumi (5,5) yang penderita Thalasemia dan Anemia Berat.

Gadis kecil asal Desa Posek, Kecamatan Kepulauan Posek ini berasal dari keluarga tidak mampu yang tnggal di pesisir Teluk Nipah.

”Awal mula kami mengetahui adanya korban, dari salah satu perawat di RSUD Dabo yang membutuhkan rujukan untuk kesembuhannya,” kata Ketua Komunitas Sosial Peduli, Melyanti kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (7/12).

Melyanti menjelaskan, Issah Hayuni merupakan anak dari keluarga tidak mampu yang memiliki kartu Jaminan Kesehatan Lingga Terbilang (JKLT) kategori brown yang batas maksimal pengobatannya hanya Rp10 juta.

Sedangkan, untuk Issah membutuhkan biaya diatasi Rp10 juta agar bisa dirujuk.

”Kami lalu menghadap bagian pelayanan kesehatan JKLT Dinkes Lingga. Kami meminta agar JKLT anak tersebut dinaikkan, ke kategori Gold yang jaminan biayanya hingga Rp100 juta. Alhamdulillah dapat direalisasikan,” terangnya.

Selain bisa merealisasikan JKLT menjadi kategori Gold, Melyanti yang teman-temannya yang tergabung di komunitas juga mengumpulkan dana dari masyarakat untuk kebutuhan operasional Issah saat dibawa berobat ke Kota Tanjungpinang.

”Hasil pengumpulan dana sosial sebesar Rp3,3 juta kami serahkan langsung kepada keluarga Issah di Tanjungpinang. Alhamdulillah, saat ini telah pulang ke kediamannya dan kondisinya berangsur pulih,” tutupnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here