Kondisi Pasar Memprihatinkan

0
71
Walikota Batam Rudi saat meninjau kios penampungan pedagang Pasar induk. f-dokumentasi/tanjungpinang pos

Pak gub dan wako dan buapti mesti sering turonlah ke pasar supaya ada perbaikan pengelolaan pasar. Pasar Induk batam itu kondisinya makin memprihatinkan. agaimana progres perbaikanya. Suasana pasar mesti bikin pengunjung nyaman belanja. pasar juga sering dikunjungi turis hingga mesti dikelola dengan baik. Perputaran uang di pasar juga tinggi serda UMKM juga banyak ada di pasar hingga pasar menjadi tonggak perputaran perekonomian daerah. Toiletnya mesti bagus, jangan sia siakan bangunannya. Pasar KUD juga mulai kurang terurus.
+6281314992494

Konsentrasi Pada Pembangunan Pasar
MBS semua pasar di Kepri mesti punya aturan standar hingga bisa saling adopsi aturan. Semua parkir motor mesti pakai karcis, biar jelas kemana hasil uangnya. Kelolapasar dengan baik, pengelolanya jangan cuma cari untung. Pemerintah juga harus memberi atensi bagus untuk pembangunand an perawatan pasar.
+6282382179970

Bangunan Pasar Makin Amburadul
MBSYth Pengelola Pasar. Sebenarnya pasar akan sangat nyaman bagi yang berbelanja, tapi kalau tidak diperhatikan oleh pengelolanya, tentu akan jorok, tak terawat dan bikin pasar sepi lantaran kotor dan tidak aman. Pengelola pasar mesti sering menertibkan pedagang atau yang meletakkan barang dagangan di gang/jalan yg melebihi tempat/meja. Setiap hari pengelola ada memungut retribusi ditambah lagi pengemis yang duduk di tengah jalan dan pedagang asongan berjualan menambah semrawut pasar. Sebaiknya pengelola secara rutin menertibkan pedagang berjualan sesuai haknya, untuk pengemis minta bantuan dinas terkait untuk menertibkan. Jangan uang retribusi dan parkirnya dipungut tapi kenyamanan saat berbelanja masyarakat tidak diperhatikan, tks.
08117776750

TANGGAPAN:
Saya sudah perintahkan agar pembangunan Pasar-pasar menjadi atensi. termasuk pasar Induk batam di Jodoh. Pasar Induk batam harus pakai eskalator dan lift untuk memudahkan masyarakat..

Saya sudah tinjau pembangunannya saat datang bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov dan Kadisperindag, Kadis Perikanan dan Kelautan Edi Sofyan. Ada juga Kepala Dinas PU Kota Batam Ir. Yumasnur.

Saya minta dalam mendesain Pasar Induk agar tersedia eskalator dan lift. Dengan demikian masyarakat yang berbelanja lebih mudah dan merasa lebih nyaman.

Masalah anggaran, jika anggaran dari pusat tidak bisa dijolok, maka solusinya adalah sistem goyong-royong antara Pemerintah Provinsi Kepri dan Kota Batam. Kita hitung biaya yang dibutuhkan. Kemudian dibagi dua antara Pemerintah Provinsi Kepri dengan Pemerintah Kota Batam.

Saluran drainase juga mesti selalu dijaga, selain berpengaruh bagi kesehatan juga kalau lali bisa memicu banjir. Ada banyak titik banjir karena drainase tidak berfungsi dengan baik.

Semua persoalan yang menyangkut pada kenyamanan amsyarakat mesti bisa segera diselesaikan dengan membuat perencanaan yang baik serta bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Untuk Pasar Induk Batam itu dulu dibangun Otorita Batam yang kini ganti baju menjadi Badan Pengusahaan Batam. Kini, Pasar Induk sudah diserahkan ke Pemko Batam dan menjadi Aset pemda. Pemko Batam sduah berniat merenovasi pasar tradisional tersebut.(Mas/ais)

H. Nurdin Basirun
Gubernur Kepulauan Riau

TANGGAPAN:
Semua pedagang dipasar Induk sudah dilokalisir sementara karena ada perbaikan pasar Induk. Pembangunan pasar induk rencananya dilakukan pada 2019. Tahun 2018 ini, DED ditargetkan sudah selesai serta dan gedung lama dirobohkan. Untuk sementara, pedagang di kawasan ini dipindahkan ke lapak sementara, di samping pasar induk itu.

Sekarang jalan di depan lapak-lapak atau kios sementara masih dalam proses pemerataan dan akan segera selesai. Saya minta pedagang bisa mendukung program pemerintah agar kawasan ini tertib.

Dari data yang ada saat ini aada 86 pedagang aktif di dalam Pasar Induk dan 27 pedagang buah di tepi jalan raya Jodoh tersebut. Sebelumnya pemindahanmesti ada sosialisasi
Tiga bulan pertama sewa kios gratis. Selanjutnya mereka sewa ke pemilik kios. Saya sudah minta Camat untuk dudukkan betul sama pemiliknya, supaya tidak ribut.

Pembagian ruang kios nanti akan dilakukan melalui pengundian nomor. Agar tidak ada yang berebut untuk mendapatkan posisi di depan. Setelah seluruh pedagang di dalam pasar induk keluar, Pemerintah Kota Batam akan memulai proses pembongkaran bangunan. Proses dimulai dengan menyelesaikan administrasi penghapusan aset.

Pembagian lapak kios di Pasar Induk Jodoh juga dengan pemanfaaatan KTP. Setiap pedagang hanya boleh memiliki satu unit kios di pasar induk Jodoh.

Jumlah pasar yang dikelola pemerintah terbatas. Sehingga Pemko akan mengontrol kepemilikan kios melalui nomor KTP. Untuk sistem pembagian kios pun dilakukan dengan cara pengundian

Saya membangun kota ini untuk rakyat semua. Jika Jodoh sudah ditata dengan cantik, orang akan datang dengan sendirinya. Kehidupan masyarakat juga mesti semakin meningkat dan sejahtera. (mbb)

HM Rudi
Wali Kota Batam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here