KONI Beri Sinyal Bisa Latihan

0
98
PEMAIN muda bersiap melaksanakan latihan sepak bola dengan pola menjaga jarak, di lapangan Penyengat, kemarin sore.
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepri memberikan sinyal, masing-masing cabang olahraga sudah bisa menggelar latihan. Namun, harus memperhatikan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran virus korona.

TANJUNGPINANG – PEMERINTAH sedang membahas pedoman untuk persiapan menjalani tatanan kehidupan baru (new normal). Pertengahan Juni nanti, aktivitas masyarakat bakal normal kembali. Tak terkecuali untuk aktivitas olahraga. Hanya saja, aktivitas olahraga yang bersifat tim atau kelompok, perlu ada tahapan atau fase. Disesuaikan dengan kondisi daerah setempat.

”Kami rasa, saat diberlakukan new normal nanti, aktivitas atlet untuk melaksanakan latihan sudah bisa. Khususnya cabor yang bersifat tim atau kelompok,” kata Amri, Wakil Sekretaris KONI Kepri, kemarin.

”Kalau latihan olahraga individu, itu sudah sejak awal-awal bisa melaksanakan latihan. Tapi di rumah masing- masing,” sambungnya.

Aktivitas atau latihan olahraga yang bisa dilakukan saat new normal nanti, sebut Amri, tahap awal lebih ditujukan kepada cabor indoor. Sedangkan untuk outdoor, tentu harus memperhatikan situasi daerah. Seperti daerah yang masih kategori zona merah, disarankan jangan melaksanakan latihan secara bersama.

Sedangkan untuk daerah zona hijau, latihan bisa dilaksanakan. Tapi harus memperhatikan protokol kesehatan. Misalnya, cek suhu tubuh, harus menjaga jarak, cuci tangan sebelum dan sesudah masuk ke dalam ruangan. Dan yang terpenting, pemain atau atlet yang sakit, tidak dibenarkan ikut latihan.

”Tapi bagaimana pun, kita tunggu kebijakan dari pemerintah, mengenai latihan di masa new normal ini. Kapan bisa dimulainya aktivitas olahraga secara menyeluruh ini,” ujarnya.

Sedangkan untuk atlet PON Kepri, Amri mengatakan, latihan bisa dilaksanakan di masing-masing cabor, bersama pengurusnya.

”Kalau latihan yang sifatnya Pelatda resmi dari KONI Kepri, belum kita laksanakan. Selain menyangkut dana, masa penyelenggaraan PON XX tahun 2021, masih cukup panjang,” demikian disampaikan Amri.

Di tempat terpisah, sejumlah tim sepak bola dan futsal di Kota Tanjungpinang, sudah mulai melaksanakan latihan. Selain di lapangan futsal Batu Lima dan Batu Sembilan, latihan sepak bola pun sudah mulai dilaksanakan di Penyengat.

”Tetap semangat latihan,” kata Iwan pelatih Penyengat FC, sambil memperlihatkan foto latihan di klub yang dipimpinnya, Selasa (2/6) sore kemarin. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here