Kontraktor Jangan Tilap Volume Proyek

0
516
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun saat meninjau lokasi pembangunan dermaga di Pelantar I-II Tanjungpinang, belum lama ini. f-istimewa/humas pemprov kepri

BANDUNG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun akan meluncurkan sejumlah proyek fisik Pemprov Kepri yang sudah selesai lelang di Unit Layanan Pengadan (LP). Jika tidak ada halangan, peluncuran sejumlah proyek ini akan dilakukan di Pelantar I-II Tanjungpinang, Jumat (24/2). Pembangunan dermaga Pelantar I-II Tanjungpinang ini salah satu proyek lanjutan Pemprov Kepri tahun ini.

Kepada para kontraktor pemenang tender, Nurdin meminta bekerja sesuai DED (Detailed Engineering Design) yang sudah dibuat. Jangan mengurangi volume pekerjaan untuk mendapatkan untuk yang lebih besar.

Pesan ini ditegaskan Nurdin sebelum pekerjaan dimulai. Dan kepada pengawas proyek jangan sampai bermain dengan kontraktor.

”Jangan coba-coba bermain dengan mengurangi volume atau lainnya. Karena akan berdampak tidak baik hasilnya,” ujar Nurdin di sela-sela persiapan mengikuti Rapat Kerja Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Trans Hotel, Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/2).

Baca Juga :  Rukun Beragama, Kepri Raih Harmoni Award

Raker APPSI ini berlangsung hingga 23 Februari dan dibuka Presiden Joko Widodo. Para pengawas juga diminta untuk bekerja sesuai dengan tugasnya terhadap proyek itu. Bagi Nurdin, uang rakyat ini harus jelas pemanfaatannya untuk kemaslahatan masyarakat.

Mantan Bupati Karimun dua periode ini mengaku akan melakukan pengawasan seperti selama ini. Dia akan turun ke lokasi pekerjaan kapan pun. Karena, model seperti ini langsung dilakukan Presiden Jokowi.

Presiden sendiri terhadap proyek strategis nasional kadang lebih sekali melakukan peninjauan. Ini dilakukan agar hasilnya bisa maksimal. Sementara, tiap awal pekan, Nurdin selalu melakukan rapat evaluasi yang dihadiri semua Kepala OPD. Melalui rutinitas ini, Nurdin ingin agar disampaikan jika ada kendala di lapangan. ”Komunikasi dan koordinasi yang dibangun dimanfaatkan betul agar hasil pekerjaan bagus. Jalankan amanah ini untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Nurdin.

Baca Juga :  Jalur Lego Jangkar Diatur Perda

Gubernur akan meluncurkan proyek-proyek yang sudah selesai proses pelelangannya. Sementara, proyek lainnya yang belum selesai untuk segera dilelang. Dengan cepatnya bermula pekerjaan, diharapkan ada pergerakan ekonomi di lokasi proyek itu dilaksanakan.

”Kalau semuanya bekerja dengan cepat, akan banyak membantu pergerakan uang di lokasi kegiatan. Hasilnya pun diharapkan cepat dirasakan masyarakat,” kata Nurdin

Pada rapat evaluasi Senin (19/2) lalu, sejumlah paket lelang yang sudah selesai langsung dilaporkan kepada Nurdin. Di antaranya Pembangunan Pelabuhan Penagi sebesar Rp19 miliar, Pembangunan Pelabuhan Tanjunguban sebesar Rp 13,3 miliar.

Ada juga pembangunan GOR untuk Singkep Barat sebesar Rp 5,625 miliar. Lanjutan peningkatan jalan pada kawasan Pusat Pemerintahan Dompak sebesar Rp 4,7 miliar juga siap dikerjakan lagi.

Baca Juga :  Panlih Siapkan Proses Pemilihan Cawagub

Banyak lagi yang dilaporkan sudah selesai lelang. Di antaranya Pelantar 2, dan di sejumlah kabupaten/kota. Malah jika Jembatan 2 dan 1 sudah selesai, akan semakin menggeliatkan ekonomi kawasan Tanjungpinang.

Di pelabuhan-pelabuhan tersebut pun bongkar barang tidak manual lagi. Kemoderenan harus ada di setiap fasilitas pelabuhan. Nurdin terus mengingatkan tiap OPD agar memanfaatkan dan membelanjakan secara optimal dana APBD. ”Dana itu harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mengurangi angka kemiskinan di daerah kita,” kata Nurdin. (mas/ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here