Kontraktor Rebutan Proyek Pelantar II

0
85
Pembangunan Pelantar II sudah mulai dikerjakan tahun lalu dan tahun ini dilanjutkan. F-suhardi/TANJUNGPINANG POS

Pembangunan pengembangan Pelabuhan Pelantar II Tanjungpinang kembali dikerjakan tahun ini. Total anggarannya mencapai Rp29 miliar.

TANJUNGPINANG – Tahun lalu, proyek ini baru pemasangan pancang dermaga saja. Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kepri Jamhur Ismail, ada 35 perusahaan yang sudah memasukan penawaran untuk mengerjakan kelanjutan proyek tersebut.

Proyek pengembangan Pelabuhan Pelantar II ini akan rampung di tahun ini juga, dengan penambahan panjang pelabuhan menjadi 200 meter dan lebar 15 meter.

”Sekarang ini Pelabuhan Pelantar II harus dikembangkan biar lebih representatif dan bisa digunakan oleh masyarakat dengan maksimal,” kata Jamhur, kemarin.

Sambung dia, dalam perencanannya dermaga itu akan dibangun dengan panjang sekitar 200 meter. Sehingga, beberapa kapal bisa bersandar sekaligus dan bongkar muat. Dengan demikian, barang akan cepat dibongkar dengan tenaga crane dan cepat sampai di pasar.

”Kita tak mau lagi buat Kata dia, tujuan pengembangan pembangunan Pelabuhan Pelantar II ini adalah untuk memperlancar arus barang, meningkatkan perekonomian dan menekan inflasi kota Tanjungpinang khususnya dan Provinsi Kepri umumnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa untuk ke depan Pemprov merencanakan agar pelabuhan barang bisa terhubung dari Pelantar 1 sampai Pelantar KUD. Dengan luas ukuran dari Pelantar I ke Pelantar II sekitar 320 meter dan dari Pelantar II ke Pelantar KUD sekitar 230 meter ditambah lahan parkir 20 meter . Tujuannya agar tertata rapi, indah dan tidak terjadinya lagi penumpukan barang dan kendaraan di pelabuhan ini.

Kata dia, untuk saat ini, yang selesai proses lelang dan sudah siap tanda tangan kontrak yakni pekerjaan Pelabuhan Tanjunguban. Pelabuhan ini anggaran disiapkan sekitar Rp 13,3 miliar. Sementara ada sekitar 82 perusahaan yang berlaga. Sementara pelabuhan lainnya yang jadi prioritas, masih proses lelang di Unit layanan Pengadaan Provinsi.

Jamhur menjelaskan, Gubernur Nurdin sudah bertekat akan membangun lima pelabuhan di Kepri. Yang tersebar di Kabupaten Kota. Proyek ini merupakan, proyek strategis gubernur Nurdin selama masa kepemimpinannya.

Selain di Tanjungpinang, Jamhur menyebut, akan dibangun pelabuhan barang di Tanjunguban, Bintan, Penagi Ranai Kabupaten Natuna, Lingga bahkan Karimun. Untuk di Tanjunguban Bintan, dibangun pelabuhan baru.

”Seluruhnya bongkar muat barang, Pak Gubernur melihat selama ini kapal yang sandar yang akan melakukan bongkar muat butuh waktu sangat lama, sehingga sangat menganggu dan terlihat semrawut,” jelasnya.

Bahkan, Gubernur meminta agar pelabuhan yang dibangun kelak harus dipersiapkan untuk menampung lebih dari tiga sampai lima kapal barang. Rencana prioritas awal dimulai dari Tanjungpinang, Ranai dan Bintan. Setelah itu baru disusul Lingga dan Karimun.(SUHARDI – ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here