Kontrol Bawahan Melalui Grup WA

0
326
Juramadi Esram, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan.

Juramadi Esram Turut Melapor ke Pegawai

Untuk memudahkan mengawasi pegawainya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Kota Tanjungpinang Juramadi Esram membuat grup whatsapp (WA) untuk semua pegawai.

Tanjungpinang – Ini merupakan langkah normatif agar pegawai bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Banyak hal yang bisa diawasi Juramadi Esram melalui WA ini, salah satunya, jam masuk kerja hingga jam pulang kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Disperindag Kota Tanjungpinang yang harus tepat waktu. Kalau ASN masuk ke kantor pukul 8.00, maka pulangnya wajib pukul 16.00.

Selain tepat waktu masuk kerja hingga pulang kantor, ASN harus berpakaian rapi sesuai dengan hari kerja. Hari Senin dan Selasa, ASN mengenakan pakaian cokelat.

Sedangkan hari Rabu ASN mengenakan baju berwarna putih dan celana hitam. Hari Kamis di minggu pertama setiap bulan, ASN pakai baju olahraga. Namun, hari Kamis di minggu kedua dan seterusnya ASN pakai baju batik. Kemudian, hari Jumat ASN wajib mengenakan baju kurung Melayu disertai tanjak.

Selain itu, kata dia, ASN di lingkungan Disperindag bisa kerja tugas-tugasnya tanpa menunggu instruksi dari pimpinannya.

Misalnya, ASN mengontrol hingga melihat perkembangan di pasar. Seperti melakukan pendataan harga sembako yang terjadi di pasar baik Pasar Baru Tanjungpinang hingga Bestari Bintancentre (Bincen).

Pengecekan harga sembako rutin dilakukan para pegawainya. Dalam sepekan, tiga kali ASN melakukan pengecekan harga sembako dan sejenisnya di pasar.

Mulai hari Senin, Rabu dan Jumat. Apakah harga sembako dan lainnya di pasar terjadi penurunan atau kenaikan.

Setelah dilakukan pendataan, ASN tersebut langsung melaporkan ke dirinya.

”Laporan ini sampai ke Pak Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah,” ucap dia.

Kalau ada kendala di lapangan, katanya, ASN tersebut melaporkan melalui media sosial (mensos). Karena dirinya bersama pegawainya memiliki grup WA. Grup tersebut khusus ASN di lingkungan Disperindag Kota Tanjungpinang.

Tak hanya masalah saja, pegawainya juga selalu upload (mengunggah) gambar di mana dirinya berada. Sehingga dirinya bersama ASN lainnya tahu, kalau pegawai tersebut sedang berada di daerah A, misalnya.

”Begitu juga saya. Saya juga upload gambar di WA. Biar pegawai tahu, saya sedang ngapain dan berada di mana. Karena kita satu teamwork (kerja tim),” terangnya.

Meski seperti itu, dirinya tidak lupa juga memberikan arahan serta masukan ke pegawainya di saat apel, yang dilakukan pada hari Senin. Sebelum itu, Kepala Bidang (Kabid) hingga Kepala Seksi (Kasi) mengadakan rapat bersama pegawainya.

”Nanti, saya dapat laporan dari hasil rapat tersebut. Baru, saat apel saya memberikan arahan serta masukan ke pegawai,” sebut dia.(ANDRI DWI S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here