Konversi Gas Diterapkan di Karimun

0
66
BUPATI Karimun Aunur Rafiq menyerahkan paket LPG kepada masyarakat pertanda konversi minyak tanah ke gas telah dimulai di Karimun. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Kabupaten Karimun resmi mengkonversi dari minyak tanah ke gas. Hal itu dimulai dengan penyerahan simbolis paket LPG lengkap, kepada masyarakat di Kelurahan Harjosari, Tebing, Kamis (6/12).

KARIMUN – ”Alhamdulilah, setelah kita usulkan sejak tahun 2015. Tahun ini Karimun resmi konversi minyak tanah ke gas atau LPG. Kementerian ESDM melalui Dirjen Migas memenuhi usulan Kabupaten Karimun,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, kemarin.

Rafiq menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun mengusulkan penerima konversi minyak tanah ke gas sebanyak 70.874 ribu KK dan dipenuhi tidak kurang dari 45.587 KK.

Pada hari itu, juga diserahkan pada 500 KK di Kelurahan Harjosari.

Nanti penerima dapat mengambil paket LPG 3 Kg, ke Kantor Kelurahan masing-masing dan paket terdiri dari tabung gas, regulator, tungku diberikan secara gratis.

Selain masyarakat, ada pelaku usaha mikro sebanyak 626 orang yang menerima paket tersebut.

”Harga eceran tertinggi (HET) Rp27 ribu, sedang diupayakan per tabung Rp25 ribu dan akan ditentukan kembali harga baru. Untuk keringanan dan kesamaaan harga diseluruh wilayah Kabupaten Karimun,” jelas Rafiq.

Sementara itu, penerima konversi mengaku belum memahami pemakaian gas elpiji dan mereka khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Berharap penjelasan yang baik dari pihak PT Pertamina, selaku penyalur tabung gas LPG..

Menurut mereka, pemakaian gas menjadi alat memasak dan keperluan rumah tangga. Akan lebih murah dibandingkan dengan minyak tanah.

Pada awal pembahasannya, Pemkab Karimun meminta penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG untuk wilayah Karimun, disesuaikan dengan harga LPG di Kota Batam.

Awalnya, HET yang diajukan Hiswana Migas di Karimun terlalu tinggi dari Kota Batam. Dimana usulan HET di Karimun senilai Rp29.000, Kundur Rp30.000 dan Moro Rp28.000. Idealnya untuk Pulau Karimun Rp21.000. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here