Koperasi Anambas Bermadah Berbenah

0
139
Rapat anggota tahunan ke-1 koperasi pegawai Anambas bermadah yang dipimpin oleh Yunizar. f-istimewa

ANAMBAS – Wakil Bupati ikut menghadiri acara Rapat Anggota Tahunan (RAT), Koperasi Pegawai Anambas Bermadah terkait bidang-bidang usaha untuk kepentingan pengembangan usaha bagi pegawai Kabupaten Kepulauan Anambas.

Rapat tersebut berlangsung, Selasa (19/2) di Aula Kantor Bupati Kepulauan Anambas di Jalan Pasir Peti.

Ketua pimpinan sidang RAT Yunizar mengatakan, rapat ini pertama kali dilaksanakan dan hasil rapat diputuskan beberapa keputusan diantaranya, pergantian kepengurusan dan membentuk unit-unit usaha bagi kepentingan para anggota koperasi.

”Selain pergantian kepengurusan, dilakukan juga menyampaikan laporan pertanggung jawaban serta membahas kelembagaan koperasi,” kata Yunizar, kepada Tanjungpinang Pos ketika ditemui, Rabu (20/2).

Menurutnya, saat ini lembaga koperasi Anambas Bermadah sudah memiliki kekuatan hukum yang disahkan oleh Kementerian Koperasi dan telah memiliki akta notarisnya. Pembentukan koperasi Anambas Bermadah, dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2018.

Ia menambahkan, ke depannya anggota koperasi bisa meminjam uang kepada unit usaha simpan pinjam maksimal setiap anggota diberikan Rp10 juta per tahun.

”Iuran anggota diwajibkan bagi para Pegawai Negeri Sipil, yakni sebesar Rp100 ribu per bulan. Sedangkan bagi Pegawai Tidak Tetap (PTT), diwajibkan sebesar Rp50 ribu setiap bulan dan ditambah Rp150 ribu iuran pokok,” jelas dia.

Kata dia, jumlah anggota koperasi sebanyak 1230 anggota. Perlu diketahui, pada tahun 2018 belum ada jenis usaha.

Selain itu juga, koperasi akan membuka kantin dan akan menjual Alat Tulis Kantor (ATK) diperuntukan bagi pegawai.

Pastinya koperasi Anambas Bermadah, tidak menggangu pengusaha masyarakat lainnya.

”Kantin koperasi akan menjual makanan dan minuman, bagi pegawai seperti nasi goreng, mie goreng dan titipan roti. Atribut pegawai juga akan diperjualkan,” ucapnya. Lanjutnya, target dari jenis usaha simpan pinjam bagi para pegawai adalah mengantisipasi bagi pegawai tidak terjebak oleh pinjaman yang bunganya yang tinggi.

”Ada usaha simpan pinjam, bagi pegawai nanti di tahun 2019 ini,” tutur dia. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here