Koperasi Buat Kontrak Ekspor Nenas

0
417
BUAH Nenas dan Pisang asal Kundur Utara tiba di Singapura beberapa waktu lalu.f-istimewa

Dua kali sudah kelompok tani yang tergabung dalam koperasi di Kundur, dan saat ini menunggu kontrak kerja sama antara koperasi dengan eksportir terkait memenuhi pesanan eksportir buah Nenas dan Pisang dari Kundur Utara, Karimun ke Singapura.

KARIMUN – ”Alhamdulilah, sudah 2 kali kita ekspor ke Singapura untuk memenuhi permintaan eksportir. Saat ini, masih menunggu kontrak kerja sama antara koperasi dengan eksportir terkait beberapa hal. Termasuk tanggung jawab masing-masing pihak. Kalau pasokan Nenas dan Pisang sudah aman,” kata Kadis Pertanian dan Pangan, Karimun, M Affan.

Baca Juga :  Pesantren MTB Terbakar, Alquran Tak Tersentuh Api

Pihak Singapura, menerima produk pertanian dengan hasil memuaskan. Ke depan, dibicarakan tentang ha-hal yang dipandang perlu untuk meningkatkan kerjasama ke depan.

Tentunya, ada kesepakatan yang dapat diterima dengan baik kedua belah pihak. Pada ekspor perdana, dikirim 20 ton nenas dan 20 ton pisang. Sedangkan, jumlahnya eskpor kedua sama dengan ekspor perdana.

Saat ini, petani terus berbenah bagaimana meningkatkan produksi. Semakin banyak stok, semakin banyak yang di ekspor.

Untuk sementara, tidak ditentukan batas minimal dan maksimal yang harus diekspor ke Singapura. ”Ke depan, apakah eksportir mau menerima komoditas hasil tani lainnya yang dikirim ke Singapura atau tidak. Tentunya melihat pasokan, jika petani mampu memenuhi permintaan pasar kenapa tidak. Semakin banyak komuditas yang bisa diekspor semakin baik,” tambah Affan

Baca Juga :  Satreskrim Geledah Kantor Sekwan Karimun

Kendala yang dihadapi petani saat ini adalah, ketersediaan alat angkut dari Kundur ke Singapura.

Jika harus menggunakan kapal sewa, dapat berpengaruh pada harga Nenas dan Pisang karena harus membayar biaya sewa kapal.

Jika saja pihak Singapura, dapat menerima kapal kayu membawa Nenas dan Pisang tentunya eksportir tidak akan mengalami kesulitan mencari sarana pengangkut karena ada kapal kayu yang bersedia membawa ke Singapura. (ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here