Koramil dan Polsek Daik Razia Gabungan

0
363
ANGGOTA Koramil Polsek Daik dan instansi terkait lainnya saat melakukan razia di sebuah hotel di Daik. F-ISTIMEWA

LINGGA – Koramil 05 Daik bersama jajaran Polsek, Satpol PP Kecamatan Lingga dan unsur kelurahan serta beberapa ormas kepemudaan melakukan patroli gabungan ke sejumlah tempat ibadah, pelabuhan, penginapan dan beberapa titik keramaian di Kota Daik, kemarin.

Razia dilakukan sebagai antisipasi, karena maraknya kejadian terorisme di beberapa wilayah Indonesia. Sebelum melaksanakan giat patroli gabungan ini, TNI-Polri telah menentukan titik lokasi yang akan menjadi sasaran. Tahap awal, mereka menyusuri kota Daik.

Danramil Daik, Kapten Inf T Telaumbanua memaparkan, ada pun patroli dilakukan untuk menghindari kejadian-kejadian yang merugikan masyarakat. Salah satu hal paling mendasar yakni maraknya kejadian terorisme yang tidak berprikemanusian terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. ”Kita di sini tidak ingin kejadian serupa terjadi. Jangan sampai terjadi di wilayah kita. Kita ingin suasana tetap terjaga,” kata Telaumbanua.

Berkaitan dengan pelaksanaan, atau bentuk Siaga Satu dalam pengamanan pelaksana wilayah hukum yang dipimpin akan dilakukan sampai kondisi wilayah dipastikan benar-benar kondusif.

Tahap awal, lanjut Telaumbanua, patroli dilakukan di masjid, pelabuhan, penginapan dan tempat keramaian di Daik. Mengingat, suasana bulan Ramadan, tentunya masyarakat Daik ingin beribadah dengan tenang tanpa ada kejahatan. ”Ini gabungan TNI-POLRI, ada Satpol PP, ormas kepemudaan, agar wilayah kita tidak ada terorisme,” ucap dia.

Selain itu, hal yang paling dia takuti yakni kota Daik bisa dijadikan tempat persembunyian para pelaku kejahatan. Misalkan pelaku terorisme yang saat ini sedang menjadi buronan penegakan hukum di Indonesia. Hal itu mengingat beberapa waktu lalu, DPO narkoba pernah ditangkap di Daik.

Namun sebelumnya, sempat tinggal dan menjadi warga setempat. ”Siapa tahu, bisa jadi mereka anggap tempat kita aman untuk bersembunyi. Ini untuk menjamin keamanan selama belum dikatakan kondusif,” lanjut dia.

Dia berharap kota Daik tetap aman dan kondusif. Menjadi kota yang tentram yang jauh dari bahaya luar serta tindakan kriminalitas. Hal Senada juga disampaikan Kapolsek Daik Iptu Sugianto.

Ia menyampaikan patroli terus dilakukan, selama kondisi betul-betul dipastikan kondusif.
Kepolisian, TNI, Satpol dan beberapa ormas seperti KNPI dan Pemuda Pancasila, tetap akan menjalani patroli, dan akan dijadikan rutinitas selama aksi terorisme masih didengar.

”Supaya jangan terjadi di wilayah kita, nanti kita lengah ada kejadian. Jadi kegiatan dilakukan sampai betul-betul kondisif,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here