Korsel Ingin Buka Rute ke Batam

0
65
Penumpang saat akan naik pesawat di apron bandara Hangnadim beberapa waktu lalu. f-zakmi/tanjungpinang pos

BATAM – Promosi wisata di mancanegara dinilai lebih tepat dilakukan di Singapura. Sehingga memudahkan wisman di Singapura mengetahui potensi parawisata di Batam. Selain itu, parawisata di Batam didorong agar menjual paket-paket parawisata ke Korea Selatan. Sementara untuk penerbangan Korsel-Batam, saat ini diakui sudah ada maskapai yang tertarik.

Duta Besar Korea Selatan, Kim Chang menyampaikan informasi dan usulan itu saat berkunjung ke Batam, dua hari lalu. Kim bersama rombongan melakukan kunjungan terkait dengan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Batam, yang dananya merupakan pinjaman Korsel.

”Sudah ada maskapai low budget dari Korea yang tertarik membuka trayek ke Batam,” ungkap Kim.

Diakui, perusahaan penerbangan asal Korsel itu saat ini masih melakukan proses perhitungan atas nilai komersial trayek Batam. Khususnya permintaan pasar penerbangan Batam menuju Korea. ”Mereka sedang pelajari, apakah demand-nya cukup besar atau tidak,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kim mendorong agar Batam memberikan insentif paket perjalanan wisata yang menarik untuk meningkatkan kunjungan wisman, termaksud dari Korsel. ”Batam bisa membuat paket insentif yang menarik untuk wisman,” ujar Kim.

Disebutkan, dengan kunjungan wisman dari Korsel ke Batam, yang ada diperingkat ketiga setelah Singapura dan Malaysia, bisa ditingkatkan dengan memberikan stiumulus. Terlebih Batam merupakan wilayah yang bertetangga dengan Malaysia dan Singapura. Sehingga potensi melanjutkan kunjungan ke Batam, cukup tinggi. ”Malaysia dan Singapura adalah negara tetangga, jadi tak heran bila kunjungannya besar ke Batam. Itu bisa ditingkatkan,” pesannya.

Dia juga mendorong agar parawisata Batam dipromosikan ke mancanegara. Salah satu lokasi promosi parawisata yang potensial untuk Batam, ada di Singapura. Terlebih di Singapura, kunjungan wisman dari berbagai negara di dunia, cukup tinggi. ”Di Singapura, wisman berbagai negara tinggi. Tapi intinya, promosi ke negara lain sangat penting,” kata dia.

Kim juga menyampaikan, promosi di Singapura, penting karena dekat dengan Batam. Saat ini, Singapura merupakan salah satu negara dengan kunjungan wisatawan mancanegara terbanyak, sekitar 17 juta pertahun.

Sementara Wali Kota Batam, HM Rudi memberikan jaminan kemudahan izin dan kenyamanan berinvestasi di Batam. Terutama berinvestasi di bidang pariwisata yang kini sedang digalakkan Pemko Batam. (MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here