Korupsi, Jaksa Geledah Puskesmas Moro

0
1295
DIGELEDAH: Jaksa dari Kacabjari Moro melakukan penggeledahan di Puskesmas Moro terkait kasus korupsi. f-ALRION/tanjungpinang pos

KARIMUN – KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Karimun Cabang Moro melakukan penggeledahan di Puskesmas Moro untuk melengkapi bukti dalam kasus tindak pidana korupsi, Rabu (31/5).

Kepala Cabang Kejari Karimun di Moro Edi Sutomo, mengatakan, penggeledahan dilaksanakan jaksa penyidik Indra Jaya dan Iqramsyah Putra adalah ruang kerja Kepala Puskesmas dr R. Pasalnya, ruang kerja dr R tersebut merupakan target utama oleh pihak Kejaksaan Negeri Cabang Moro.

”Penggeledahan disaksikan oleh Ketua RW setempat S Buiman dan kepala tata usaha puskesmas Dewi Ismawati yang berlangsung selama 4 jam,” ungkap Edi Sutomo.

Selain itu, pihaknya juga menggeledah ruang bendahara JKN Kapitasi, rumah dinas kepala puskesmas dan rumah tinggal bendahara Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kapitasi.

Edi menjelaskan, saat penggeledahan, tim berhasil menemukan barang-barang yang terkait dengan tindak pidana, sehingga tim langsung melanjutkan penyitaan. Sementara, barang-barang yang disita 3 unit laptop, 3 unit stempel toko, 2 flashdisk, 12 bundel Surat Pertanggungjawaban (SPj) JKN kapitasi dan beberapa dokumen lainnya.

”Tahun anggaran 2015 dan 2016 pihaknya mengendus adanya tindak pidana korupsi, tentang minimnya pelayanan kesehatan yang dirasakan masyarakat setempat. Anehnya, setiap bulannya puskesmas tersebut menerima biaya Rp 55 juta dari Badan Penyelenggara Jasa Kesehatan (BPJS) Batam,” terangnya.

Untuk itu, kuat dugaan anggaran tersebut disalahgunakan oleh dr R dan bendahara JKN Kapitasi berinisial AA. Hasil dari penyidikan, menemukan beberapa bukti melawan hukum yang dilakukan tersangka R dan AA.

Bukti-bukti hasil dari penyidikan diantaranya, invoice fiktif apotik, nota-nota palsu, daftar penerimaan jasa medis palsu, SPj perjalanan dinas fiktif yang intinya SPj JKN kapitasi dari Januari 2015 hingga Desember 2016 yang direkayasa tersangka.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here