Koruptor Kembalikan Uang Rp11 M

0
373
Kajati Kepri Asri Agung Putra (kiri) mengekspose uang Rp11 miliar yang dikembalikan para koruptor di wilayah Kepri, kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kejaksaan Negeri (Kejati) berhasil menyelamatkan uang negara Rp11 miliar dari para koruptor di Kepri. Kajati Kepri, Asri Agung Putra mengatakan, selama priode 2017 sampai sekarang ia berhasil mengamankan atau memulihkan dan menyelamatkan uang negara yang jumlah ini cukup signifikan.

Menurutnya, dalam penegakan hukum perkara yang berkualitas, bukan hanya hukuman badan tetapi harus mampu menyelamatkan uang negara yang digondol oleh para pelaku penjahat atau terpidana.

”Dana tersebut sekitar Rp11 miliar dari pidana Khusus (Pidsus) dan sebesar Rp7.011.046.818 dan Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) dari sekitar Rp4,7 milar,” katanya Rabu (8/8).

Kajati menyebutkan, Rp7 miliar dari Pidsus ini didapatkan pada saat persidangan penuntutan kasus tindak pidana korupsi di kasus Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang.

Sambung di a, mereka merasa tidak efektif dalam penegakan hukum apabila para pelaku hanya diberikan hukuman badan, sementara keuangan negara tidak bisa diselamatkan atau dikembalikan ke kas negara.

”Kemudian, Rp7 miliar, itu setelah pembuktian dari persidangan dan dari para tersangka dan juga dari pembayaran denda yang telah dijatuhkan,” jelasnya.

Sedangkan, Rp4,7 miliar Datun didapatkan dari piutang-piutang negara. Seperti kasus pemulihan uang negara dari BPJS, PLN, pengelolaan keuangan aset Kota Batam dan dari Pelindo. ”Ini dari piutang-piutang negara yang berhasil ditagih di wilayah kerja Kepri,” ujarnya.

Kajati menyebutkan, kedepannya ia berupaya lebih meningkatkan lagi pencapaian terkait dengan menyelamatkan keuangan yang telah disimpangkan oleh pelaku kejahatan. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here