Kosmetik Ilegal Kembali Diamankan BPOM

0
559
Kepala BPOM Kepri, Josef Dwi Irwan

TANJUNGPINANG – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kepri kembali mengamankan pelaku kosmetik ilegal di Tanjungpinang. Kepala BPOM Kepri, Josef Dwi Irwan mengatakan, pelaku merupakan pemain lama, sudah pernah ditindak dengan kasus yang sama. Kini barang bukti dengan tafsiran nilai Rp100 juta diamankan Tim BPOM Kepri.

Barang buktinya yaitu kosmetik putih wajah merek Temulawak dan berbagai kosmetik lainya tanpa izin BPOM. “Tim kita bergerak untuk mengamankan pelaku yang mendistribusikan kosmetik ilegal tersebut,” katanya Selasa (17/7).

Josef menyebutkan, awalnya tim mendapatkan barang bukti kosmetik ilegal tersebut berada di mobil. Barang buktinya tidak banyak. Setelah itu, tim melanjutkan pengecekan ke rumah pelaku, namun tidak mau membuka pintu.

Kejadian tersebut di laporkan ke kepala lingkungan perumahan dan pihak-pihak terkait, maka pintu di buka. Di dalam rumah pelaku ditemukan barang bukti kosmetik ilegal tersebut dari berbagai merek. “Kita sudah yakin di dalam rumahnya ada kosmetik ilegal maka kita lakukan pencarian dan menemukan barang bukti,” jelasnya.

Lanjutnya, saat ini pemilik dari kosmetik ilegal diperiksa. Ini merupakan temuan yang besar dengan barang bukti yang lumayan banyak. “Nama dan lokasi nanti kita sampaikan, saya belum mendapatkan informasi lengkap atas penindakan itu. Yang jelas kita proses,” ujarnya.

Akibat dari pembuatan pelaku dikenakan dengan pasal sebagaimana melanggar pasal 106 ayat 1 jo pasal 197 dengan ancaman 15 tahun penjara dan denda maksimal sebesar Rp 1,5 miliar. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here