Kota Adipura di Bintan Mulai Tercemar Sampah

0
499
WARGA Kijang melintas di jalan menuju pelabuhan Sribayintan Kijang, dengan kondisi kumuh.F-yendi/TANJUNGPINANG POS

KIJANG – Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur sebagai kota Adipura di Kabupaten Bintan mulai tercemar sampah. Padahal, Bupati Bintan H Apri Sujadi sudah mencanangkan slogan ’Ayo Tertib Buang Sampah’.

Tapi, gerakan tersebut justru kurang terlaksana di Kijang Kota. Akhir-akhir ini, banyak sampah yang ditemukan menumpuk di bahu jalan raya. Seperti di jalan menuju Pelabuhan Sribayintan Kijang. Sampah yang berada tak jauh dari pemukiman ini, sudah mengeluakan bau tak sedap.

”Tak tahu lah, akhir-akhir ini malah banyak sampah yang menumpuk. Sedih juga kami melihat Kota Kijang sebagai kota Adipura di Bintan ini, mulai tercemar. Mungkin pemerintahnya yang tak ambil pusing, sibuk dengan Pemilu,” ujar Amir, seorang warga Bintan Timur, kemarin.

Baca Juga :  Tiga Manajemen Clud Med Disidik Imigrasi

Suherman, warga Kijang juga berpendapat yang sama. Menurut Suherman, pejabat camat dan lurah sepertinya tak merespon kondisi lingkungan kumuh ini.

”Apakah meraka tak melihat kondisi wilayah kerjanya yang seperti ini. Kita pun tak paham. Padahal Bupati Bintan sudah mencanangkan Ayo Tertib Buang Sampah itu,” tuturnya.

”Memang sih, akhir-akhir ini budaya gotong royong sudah lemah di Bintan Timur,” sambungnya.

Sebelumnya, Bupati Bintan Apri Sujadi meminta agar masyarakat lebih mencintai lingkungan sekitar. Meraih Piala Adipura untuk Kijang Kota, jangan hanya tujuan akhir. Tapi, ini menjadi momen untuk mengubah pola pikir masyarakat, untuk menciptakan lingkungan bersih. Justru itu, pemerintah kecamatan dan kelurahan sampai ke tingkat desa, mesti menjalankan slogan ’Ayo Tertib Buang Sampah’.

Baca Juga :  Dugaan Korupsi di Bintim, Pejabat Bintan Diperiksa

”Pada hakikatnya, bukan Piala Adipura yang kita cari. Namun yang paling utama adalah mengubah pola pikir untuk mencintai lingkungan, dan meningkatkan kesadaran agar membuang sampah tidak sembarangan,” ujar H Apri Sujadi, baru-baru ini. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here