Kotak dan Bilik Rawan Rusak

0
154
Terlihat petugas KPU Kota Tanjungpinang sedang mengangkat bilik dan kotak suara di depan kantor KPU Tanjungpinang. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri menilai kotak dan bilik suara rawan rusak. Karena kotak dan bilik suara untuk memenuhi kebutuhan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, terbuat dari bahan kardus.

”Logistik kotak dan bilik suara yang menjadi titik fokus kita di Bawaslu,” kata Devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Kepri, Idris kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (20/12).

Guna menghindari kerusakan, Idris menyarankan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyimpan kotak dan bilik suara di tempat yang aman. Baik itu aman dari rembesan hingga tetesan air, sampai dengan bencana banjir.

Selain itu, KPU pastikan tempat penyimpanan kotak dan bilik suara tidak adanya rayap. Agar kotak dan bilik suara masih tetap utuh pada 17 April 2019 nanti.

”Sering-sering mungkin dicek kotak dan bilik suara di gudang,” tegas dia.

Jangan sampai, lanjut dia, setelah sudah dekat Pemilu 2019, kotak dan bilik suara sudah pada rusak. Karena pemilu masih sekitar empat bulan lagi. KPU kabupaten/ kota di wilayah Provinsi Kepri sudah pada menerima kotak dan bilik suara untuk kebutuhan Pemilu 2019.

”Kita tidak mau, sudah dekat waktu pencoblosan ditemukan kotak maupun bilik pada rusak. Kalau diantisipasi dari sekarang, kita mudah meminta mengirimkan kotak maupun bilik suara yang ditemukan rusak,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here