Kotak Suara Pemilu Transparan

0
56
Petugas KPU Kota Tanjungpinang sedang memindahkan kotak suara setelah digunakan di Pilwako Tanjungpinang belum lama ini. Kotak tersebut akan diganti. F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang sudah mulai melakukan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019. Salah satunya merencanakan logistik untuk kebutuhan Pemilu serentak yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang.

Devisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Kota Tanjungpinang, Andri Yudi mengatakan, bakal ada berubah pada logistik yang akan digunakan di Pemilu nanti, yakni pada kotak suara. Sebelumnya, kotak suara yang digunakan pada saat Pemilihan Walikota (Pilwako) Tanjungpinang, berbahan plat aluminium.

Nanti, kotak suara yang akan digunakan di Pemilu tahun 2019, berbahan kardus dan plastik tebal. Kardus akan digunakan ditiga sisi pada kotak suara.

Sedangkan plastik tebal akan diletakkan bagian sisi depan kotak suara. Sehingga kotak suara bisa dilihat dari kejauhan, tanpa dibuka gembok pada kotak suara tersebut.

”Seakan-akan kotak suara berbentuk transparan,” kata Andri Yudi kepada Tanjungpinang Pos di Kantor Sekretariat KPU Kota Tanjungpinang berada di Jalan Handjoyo Putro, Km 8 Atas Tanjungpinang, Rabu (10/10).

Model kotak suara transparan ini, salah satu mencegah kecurigaan dari pihak terkait. Seperti dari saksi yang diutus oleh masing-masing partai politik (parpol), saksi dari calon independen sampai dengan masyarakat.

Jadi, tanpa dibuka kotak suara, masyarakat serta pihak terkait sudah tahu, kalau kotak suara dalam keadaan kosong tidak ada satu surat suara berada di dalam kotak tersebut.

”Mungkin dahulu, orang curiga kalau tidak dibuka serta tidak diperiksa, ada surat suara berada di dalam kotak suara tersebut. Sekarang kita bisa melihat kotak suara kosong dari kejauhan,” terang dia.

Untuk saat ini, Andri katakan, pihaknya belum bisa memastikan berapa banyak kotak suara yang bakal dibutuhkan di Pemilu serentak pada tahun 2019 mendatang. Pasalnya, belum tahu berapa banyak masyarakat Kota Tanjungpinang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu tahun 2019. Karena jumlah DPT akan menentukan berapa banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kalau berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Satu (DPTHP-1), ada sekitar 561 TPS di Kota Tanjungpinang. Setiap TPS bervariasi jumlah pemilih. Ada jumlah pemilihnya mencapai 300 orang per TPS. Bahkan ada di bawah 300 orang per TPS.

Intinya, lanjut dia, setiap TPS akan ada lima kotak suara. Lima kotak suara terdiri dari, kotak suara untuk mengisi surat suara DPRD kabupaten/ kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan pemilihan presiden (Pilpres).

”Hari ini kami baru dapat bimbingan teknis di Hotel CK. Yang mengadakan dari KPU RI,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here