KPC Sriwijaya VIII Diluncurkan

0
375
GM Pelindo I Tanjungpinang Arif Indra dan Asisten II Irwan menggunting pita, di sela launching dan promo kapal wisata bahari KPC Sriwijaya VIII di pelabuhan SBP Tanjungpinang, Sabtu (9/2) lalu. f-suhardi/tanjungpinang pos
Pelindo I Tanjungpinang dan Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) meluncurkan (launching) KPC Sriwijaya VII kapal jelajah wisata Bahari Kota Tanjungpinang, di pelabuhan Sribintan Pura (SBP), Sabtu (9/2). Kehadiran kapal KPC Sriwijaya VIII ini diharapkan pariwisata di daerah semakin bergairah.

TANJUNGPINANG – KPC Sriwijaya VIII ini menjadi armada khusus melayani paket wisata sejarah, budaya, dan potensi alam yang ada di wilayah Tanjungpinang dan sekitaranya.

”Kapal ini merupakan bantuan dari pusat, melalui nota kesepakatan (MoU) antara Pelindo dan Pemko Tanjungpinang,” kata Arif Indra GM PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, di sela launching kapal.

Baca Juga :  Hidroponik, Solusi Bertanam Lahan Sempit

Indra menyebutkan, sejumlah sasaran lokasi wisata yang ada di Tanjungpinang, antara lain Kota Rebah, yang merupakan cikal bakal pusat kerajaan Melayu pada masa lampau di Hulu Sungai Riau. Kemudian, rute Pulau Penyengat, hingga ke Pulau Sore, Kampung Pelangi di Kampung Bugis dan sejumlah pulau lainnya.

Menurut dia, selain menawarkan berbagai paket wisata, kehadiran KPC Sriwijaya VIII ini juga untuk memberdayakan 19 kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Tanjungpinang, agar intens menyosialisasikan atau memaparkan historis sejarah. Termasuk potensi budaya dan alam dalam perjalanan paket para wisatawan nantinya.

Baca Juga :  Harga Daging Ayam Makin Naik

Tapi, Arif belum mengungkapkan secara rinci, biaya per paket wisata dalam sekali perjalanan.

”Kapal tersebut berkapasitas 35 penumpang,” imbuhnya.

Asisten II Pemko Tanjungpinang Irwan memberikan apresiasi kepada PT Pelindo, karena turut serta mengembangkan dunia pariwisata di Tanjungpinang. Dengan beroperasinya kapal wisata ini diharapkan, dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tanjungpinang. Serta meningkatkan partisipasi warga dalam mengembangkan dunia pariwisata. Asisten II berpesan perlu sinergitas dari semua pihak. (SUHARDI-YENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here