KPPAD Siapkan Psikolog untuk Anak

0
375
Raja Peni

NATUNA- Ketua Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Natuna Raja Peni Adriani menegaskan, pihaknya membuka seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin meminta bantuan hukum maupun psikolog terhadap anak. Hal ini dianggapnya penting sekali, dalam perkembangan anak ke depannya yang mendapatkan kekerasan secara fisik maupun psikis.

Pihaknya meminta kepada masyarakat agar jangan takut maupun ragu untuk datang langsung ke KPPAD. ”Kita membuka seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin meminta bantuan hukum, maupun pisikolog untuk anak yang terkena tidak kekerasan. Kita juga bisa langsung mendatangi pihak keluarga, agar permasalah yang ada bisa ditangani bersama,” kata Raja Peni, Rabu (17/1).

Peni mengungkapkan, setiap ada keluahan dari masyarakat pihaknya langsung mengunjungi keluarga korban untuk melakukan pendampingan anak.

”Kita berusaha semaksimal mungkin, untuk memberikan pendampingan kepada keluarga korban mau dilanjutkan ke ranah hukum atau tidak. Namun, semuanya itu tergantung dari pihak keluarga sendiri. Kita di KPPAD tidak ingin memaksakan, apa yang sudah menjadi keputusan dan keinginan keluarga,” jelasnya.

Selain itu, Raja Peni juga menambahkan, tugas dan tanggung jawab KPPAD diantaranya melakukan sosialisasi perundang-undangan yang berkaitan dengan perlindungan anak, melakukan pengawasan terhadap anak.

Selain itu, juga menerima pengaduan masyarakat mengenai pelanggaran hak anak dan juga mendampingi anak yang bermasalah hukum seperti kasus tindak kekerasan dan diskriminasi.

Raja Peni juga menjelaskan, peran serta masyarakat dalam perlindungan anak sangat penting dibutuhkan untuk mengawasi segala prilaku anak zaman sekarang.

”Kita ingin masyarakat Natuna bisa mengerti dan memahami segala prilaku dan mengawasi anak zaman sekarang. Kondisi saat ini, anak sudah terlalu terbawa dengan perkembangan teknologi,” pungkasnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here