KPPU Selidiki Mafia Bongkar Muat

0
853

BATAM – Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kota Batam, Lukman Sungkar, mengungkapkan, pihaknya sedang menyelidiki permainan kartel peti kemas tujuan Batam-Singapura. Dalam hal ini diduga melibatkan tujuh perusahaan Singapura. Namun karena keterangan perusahaan Singapura untuk shipping cost bongkar muat peti kemas tidak jelas, maka dihadirkan tenaga ahli.

Lukman Sungkar mengungkapkan, tenaga ahli dari Jakarta sudah didatangkan untuk menghitung shipping cost peti kemas Singapura ke Batam. Hal itu untuk membuktikan dugaannya pelanggaran hukum. Sementara untuk perusahaan yang diduga bermasalah, pihaknya sudah meminta keterangan. ”Keterangan sudah kita ambil, karena diduga melakukan kartel,” katanya.

Baca Juga :  Ayo Pantau pemerintah lewat e-budgetting

Masalah biaya menjadi persoalan yang mereka kaji, apakah ada permainan atau tidak. Sementara hal itu dikaji satu orang ahli dari Jakarta. Penanganan atas bongkar muat itu dilakukan, setelah ada banyak keluhan terkait biaya shipping cost bongkar muat peti kemas dari Batam ke Singapura dan sebaliknya. ”Perusahaan yang diperiksa ada Batamindo Shipping & Warehousing Pte Ltd, Winstar Shipping Pte Ltd, Agility Pte Ltd, Infiniti Marine Pte Ltd, PT Buana Logistik Mandiri Sukses, Megastar Shipping Pte Ltd, dan Bayswaster Shipping & Forwarding Pte Ltd,” bebernya lagi.

Baca Juga :  Hendri Arulan Jabat Kadisdik

Dari pemeriksaan diakui, diklaim jika tarif mereka sudah murah dan sesuai dengan biaya yang sudah dikeluarkan. Hanya saja, KPPU tidak percaya begitu. Ketidak percayaan muncul karena Africa South East Asia Chamber of Commerce (ASEACC) mengeluhkan mahalnya biaya logistik angkutan laut dari Batam-Singapura-Batam. Dari delegasi bisnis Singapore Business Federation (SBF) mengatakan, biaya pengiriman logistik dari Singapura ke Batam lebih dari USD 500 per kontainer.

Bahkan, tarif pengiriman logistik dari negara-negara mitra seperti Cina, Korea Selatan dan Jepang ke Singapura jauh lebih murah dibanding Singapura-Batam. Singapura memberlakukan tarif angkut per kontainer sekitar USD200.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here