KPU Bakal Tinggalkan Parpol Tak Kirim Desain

0
39
Parlindungan Sihombing

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri bakal tinggalkan partai politik (parpol) yang tidak mengirim hasil perbaikan desain. Pasalnya, pihak penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) ingin segera cepat memproses lelang pembuatan hingga cetak Alat Peraga Kampanye (APK).

Karena desain yang dimiliki oleh parpol, salah satu dasar untuk membuat hingga cetak APK. Baik itu APK jenis baliho maupun spanduk.

”Kita sudah kasih toleransi kepada parpol untuk melakukan perbaikan desainnya. Tapi, nyatanya masih molor juga. Tinggal PSI saja yang belum menyerahkan hasil perbaikan desain ke kita (KPU, red),” kata Devisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Provinsi Kepri, Parlindungan Sihombing kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (23/10).

Palindungan Sihombing mengatakan, KPU Provinsi Kepri masih menunggu hasil perbaikan desain dari Partai Solidaritas Indonesa (PSI) sampai dengan Sabtu (27/10) ini. Apabila tidak menyerahkan hasil perbaikan desainnya, maka PSI akan terima resikonya.

Resikonya, PSI akan tidak terima APK yang difasilitasi oleh KPU. Alasannya, PSI tidak menyerahkan hasil desain perbaikan ke KPU.

Desain salah satu dasar KPU ingin mencetak APK tersebut. Baik itu APK jenis baliho maupun spanduk.

Sebelum cetak APK, terlebih dahulu KPU Provinsi Kepri akan menyerahkan hasil desain yang sudah oke ke parpol secara simbolis di Kantor KPU Provinsi Kepri pada Sabtu (27/10). Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri akan menyaksikan acara penyerahan hasil.

Di samping itu, Parlin mengakui, kalau penyerahan hingga perbaikan desain dari parpol ke KPU tidak ada tahapan serta jadwal yang dipastikan. Hanya saja, pihak KPU bersama peserta parpol dalam hal ini pengurus untuk membuat kesepakatan terkait penyerahan hingga perbaikan desain dari parpol ke KPU.

”Alhamdulillah, kemarin sudah kita sepakat. Hanya saja, sampai sekarang kita masih menunggu satu parpol lagi untuk menyerahkan hasil perbaikan desain tersebut. Kita tunggu sampai satu hari sebelum penyerahan hasil desain. Apakah PSI mau menyerahkan tidak hasil perbaikan desain itu. Kalau tidak, kita tinggalkan. Kasihan parpol lain yang terkena himbasnya,” sebut dia. KPU dianggap banyak pihak terlambat mengadakan APK karena selama sebulan kampanye, APK belum disediakan. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here