KPU Bintan Kekurangan Surat Suara, Empat Formulir C-1 Plano Rusak

0
437
PETUGAS KPU Bintan menyortir formulir C-1 Plano di sekretariat KPU, Senin siang kemarin.f-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – KPU Bintan telah menyelesaikan pelipatan surat suara, Sabtu lalu. Setelah direkap, KPU masih kekurangan surat suara akibat terdapat kerusakan.

Surat suara yang sudah selesai dilipat berjumlah 529.820 lembar. Jumlah itu terdiri dari surat suara DPR RI sebanyak 105.698 lembar, surat suara DPRD provinsi sebanyak 105.799 lembar, untuk DPRD Kabupaten Bintan Dapil 1 sebanyak 38.626 lembar, Dapil 2 sebanyak 11.845 lembar, Dapil 3 sebanyak 30.852 lembar, Dapil 4 sebanyak 24.313 lembar.

Sedangkan jumlah surat suara untuk DPD RI sebanyak 106.042 lembar, dan untuk surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 106.645 lembar.

Untuk kerusakan karena sobek pada surat suara DPR RI sebanyak 13 lembar, rusak kotor 5 lembar dan rusak bolong 5 lembar. Untuk surat suara DPRD provinsi karena sobek sebanyak 18 lembar, rusak kotor 32 lembar dan rusak bolong 11 lembar.

Baca Juga :  Pasang PJU, Pemkab Anggarkan Rp4,6 Miliar

Untuk surat suara DPRD kabupaten di Dapil 1, rusak sobek 1 lembar, rusak kotor 9 lembar, dan 3 rusak bolong. Di Dapil 2 hanya rusak bolong sebanyak 3 lembar. Di Dapil 3 terdapat 2 lembar rusak sobek dan 2 lembar rusak bolong. Sedangkan di Dapil 4 terdapat 3 lembar rusak sobek, dan 5 lembar karena rusak kotor.

”Untuk DPD RI ditemukan rusak sobek sebanyak 8 lembar, 25 lembar rusak kotor dan 10 rusak karena bolong. Sedangkan surat suara untuk Pilpres, rusak sobek 3 lembar, rusak kotor sebanyak 14 lembar dan 1 rusak bolong,” kata Samsul, komisioner KPU Bintan.

Ketua KPU Bintan Ervina Sari menyatakan, jumlah surat suara yang selesai dilipat, masih kurang dari kebutuhan jumlah pemilih di Bintan. Kekurangan akan diusulkan setelah rapat pleno DPTHP, selanjutnya yang akan digelar 17 Maret 2019 mendatang.

Baca Juga :  PPDB di Bintan Sudah Secara Online

”Jadi untuk kekurangan surat suara akan kita usulkan lagi, setelah pleno 17 Maret nanti kepada KPU provinsi,” kata Ervina Sari, Senin (11/3).

Di lain hal, petugas sortir dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bintan menemukan formulir C-1 Plano, yang tidak memiliki hologram. Formulir C-1 Plano tersebut baru saja tiba di Kantor KPU Bintan, Jumat (8/3) lalu.

Ervina Sari, Ketua KPUD Bintan mengatakan, pihaknya akan melakukan penyortiran dan akan meminta petunjuk untuk mendapatkan hologram tambahan, agar kertas formulir C-1 Plano tersebut dapat dipergunakan oleh petugas KPPS, guna mengisi rekapan suara di TPS.

Baca Juga :  Warga Keluhkan Status Lahan

”Yang seperti ini akan kami sampaikan ke pusat, melalui KPU provinsi, supaya dikirim stiker berhologramnya,” kata Ketua KPU Bintan Ervina Sari, Senin (11/3).

Penyortiran formulir model C-1 Plano ini dilakukan staf KPU Bintan. Bundelan kertas-kertas rekapan hasil rekpitulasi untuk penghitungan perolehan suara itu, dikerjakan hingga selesai.

”Sebelum kita distribusikan, kita sortir dulu. Jadi yang nanti kita kirim ke PPK adalah yang berhologram. Dari pengecekan formulir C-1 Plano ini, hanya 4 lembar yang kami temukan yang rusak bolong,” tambahnya. (fre/aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here