KPU Buat Dua TPS di Rutan

0
200
M Hafidz Diwa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang berencana membangun dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam kawasan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tanjungpinang beralamat Jalan Penjara Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Sehingga warga binaan Rutan Kelas I Tanjungpinang bisa menyalurkan hak pilihnya pada 17 April 2019 nanti.

”Nanti dua TPS itu ada kode 501 dan 502,” kata M Hafids Diwa Prayoga, Divisi Program dan Data KPU Kota Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (25/1).

Untuk memastikan dua TPS nanti, KPU Kota Tanjungpinang sedang membangun koordinasi dengan pihak Rutan Kelas I Tanjungpinang. Koordinasi yang dibangun oleh penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) ini, terkait jumlah penghuni Rutan Kelas I Tanjungpinang.

Saat ini, KPU Kota Tanjungpinang sudah mengantongi penghuni Rutan Kelas I Tanjungpinang sebanyak 300-an warga binaan. Data yang dimiliki per Desember 2018 lalu.

”Kita tidak bisa mengandalkan data ini. Data ini dinamis. Kapan saja bisa berubah-ubah,” terang dia.

Karena menurutnya, sifat penghuni Rutan Kelas I Tanjungpinang, banyak warga binaan titipan. Kemungkinan, warga binaan tersebut belum sempat dipindahkan ke Lapas 18, Kijang.

Oleh karena itu, pihaknya ingin memastikan jumlah penghuni Rutan Kelas I Tanjungpinang setelah mendekati Pemilu 2019. Karena penghuni Rutan Kelas I Tanjungpinang berpengaruh dengan keberadaan TPS nanti.

”Kalau penghuni Rutan hanya 300 orang saja, satu TPS sudah cukup. Setiap TPS jumlah pemilihnya 300 orang. Kalau lebih dari 300, baru kita bangun dua TPS,” tegasnya lagi.

Selain itu, KPU Kota Tanjungpinang juga masih koordinasi dengan pihak Rutan terkait petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ditempatkan di TPS berada di dalam kawasan Rutan tersebut.

Apakah petugas KPPS dari kalangan masyarakat setempat, atau petugas Rutan itu sendiri.

”Ini yang sedang kita koordinasikan lagi. Data kita saat ini, ada 568 TPS yang tersebar di Tanjungpinang yang jadikan tempat memilih,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here