KPU Cek Data Pemilih ke PPS

0
89
Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati didampingi komisioner Priyo Handoko dan Widiyono Agung S serta KPU Kota Tanjungpinang, Bawaslu Provinsi Kepri, Bawaslu Kota Tanjungpinang dan TNI Polri di PPS Pinang Kencana mengecek posko pemilih. F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri datangi posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang didirikan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) berada di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, Rabu (17/10).

TANJUNGPINANG – Sebelum ke Kabupaten Bintan, rombongan komisioner KPU Provinsi Kepri didampingi empat komisioner KPU Kota Tanjungpinang bersama TNI-Polri dan Bawaslu Provinsi Kepri dan Bawaslu Kota Tanjungpinang menghampiri dua posko GMHP didirikan oleh PPS Tanjungpinang Barat dan PPS Pinang Kencana.

Devisi Program dan Data KPU Provinsi Kepri, Priyo Handoko mengatakan, kegiatan kunjungan mendatangi posko GMHP di PPS dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Meraoke termasuk di daerah Provinsi Kepri. Karena ini salah satu bagian kegiatan KPU bersama jajaran penyelenggara pemilu melakukan penyempurnaan DPT Hasil Perbaikan 1 (DPTHP-1).

Intinya, KPU Provinsi Kepri dan KPU kabupaten/ kota memberikan semangat kepada petugas PPS, yang selalu menjaga posko serta menjemput bola ke masyarakat. Sehingga tidak ada lagi, masyarakat yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di tahun 2019.

Untuk mengecek hingga masuk ke dalam DPT masih ada waktu sekitar sebelas hari lagi. Karena petugas PPS, PPK dan KPU sudah mendirikan posko GMHP sejak 1-28 Oktober 2018 nanti.

”Ayo, kita sama-sama memastikan nama kita sudah terdaftar atau belum di DPT,” ucap dia.

Priyo berjanji, ia bersama tim KPU Provinsi Kepri, KPU kabupaten/ kota bersama jajaran di bawahnya siap membersihkan data ganda, memperbaiki data anomali yang sudah ditemukan. Seperti salah penulisan nama, NIK dan sebagainya.

Kemudian, KPU siap membantu memasukkan pemilih yang sudah memenuhi syarat ke dalam DPT. Ia katakan, KPU belum merekap data yang sudah dilakukan perbaikan dari hasil laporan di posko GMHP di masing-masing daerah kabupaten/ kota di wilayah Provinsi Kepri. Alasannya, proses rekap yang akan dilakukan KPU mulai berlangsung diperkirakan pada akhir Oktober atau awal September 2018 nanti.

Di samping itu, mantan jurnalis ini, mengajak masyarakat yang tinggal di kabupaten/ kota di wilayah Provinsi Kepri untuk mengecek dirinya di portal lindungihakpilihmu.kpu.go.id, atau bisa juga langsung download aplikasi cek daftar pemilih 2019.

”Kita harus pastikan diri kita sendiri sudah terdaftar atau belum di Pemilu tahun 2019. Ini yang paling penting,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here