KPU Coret Caleg PDIP

0
48
KPU Tanjungpinang menggelar rapat pleno, Sabtu (1/12) f-andri/tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mencoret salah satu calon legislatif (Caleg) DPRD Kota Tanjungpinang. Caleg tersebut yakni, Abdul Rahim. Ia dicoret karena berhalangan tetap.

”Dicoret melalui rapat pleno di kantor KPU,” kata Devisi Teknis KPU Kota Tanjungpinang, Susanty kepada Tanjungpinang Pos, Sabtu (1/12).

Susanty menegaskan, bahwa KPU Kota Tanjungpinang hanya coret nama Abdul Rahim (almarhum, red) saja. Sesuai aturan, partai politik tidak bisa lagi mengusulkan hingga menggantikan calon DPRD Kota Tanjungpinang yang telah meninggal dunia dengan calon lainnya.

Ini sesuai aturan tertuang di Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan di Pasal 35 dan petunjuk teknis (Juknis) 961.

Pencoretan nama almarhum Abdul Rahim, lanjut dia, tidak mempengaruhi dengan nomor urut milik calon anggota DPRD Kota Tanjungpinang lainnya. Artinya, calon anggota DPRD Kota Tanjungpinang tetap memiliki nomor urut yang sudah ada berdasarkan DCT Pileg tahun 2019.

Sambung dia, nanti, disurat suara hanya nomor urut 2 yang dikosongkan, alias tidak ada nama calon anggota DPRD Kota Tanjungpinang di daerah pemilihan (Dapil) Tanjungpinang Timur khusus di kolom PDIP.

”Karena kita hanya coret nama, tanpa mengubah nomor urut calon lainnya,” tegas dia.

Dengan dicoretnya almarhum Abdul Rahim, jumlah calon anggota DPRD Kota Tanjungpinang menjadi 413 orang dari 414 orang di DCT Pileg tahun 2019.

Kondisi seperti ini, KPU Kota Tanjungpinang langsung melaporkan ke KPU RI. Agar tidak ada lagi nama almarhum Abdul Rahim pada surat suara berwarna hijau.

”Kita sudah sampaikan ke KPU RI terkait meninggalnya caleg dari PDIP,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here