KPU dan Parpol Bahas Persiapan pencalonan

0
375
RAPAT BERSAMA: Juru bicara Parpol diundang membahas persiapan teknis pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang bersama KPU Tanjungpinang. f-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menggelar Rapat Teknis terkait Persiapan Pencalonan Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang 2018 di Hotel Aston Kota Tanjungpinang (30/12).

Berbeda dengan rapat sebelumnya, kali ini KPU rapat teknis terkait persiapan pencalonan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tanjungpinang 2018 tidak hanya mengundang IDI, HIMPSI dan BNN tetapi juga mengundang Ketua Tim Penghubung Pasangan Calon Edi Safrani dan Edi Susanto dan 12 Parpol.

Pembahasan mulai dari masalah teknis persiapan pencalonan, pemeriksaan terhadap bakal pasangan calon kepala daerah, hingga soal prosedural dibahas secara detail dalam kegiatan itu.

”KPU menyampaikan syarat pencalonan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 dan 15 Tahun 2017 tentang Pencalonan”, ungkap Robby Patria, ketua KPU Tanjungpinang, kemarin.

Ia juga mengatakan petunjuk teknis tentang pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon sudah dituangkan di dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 231/PL.03.1-Kpt /06 /KPU /XII /2017 tentang Petunjuk Teknis Standar Pemeriksaan Kesehatan.

”Perwakilan parpol bisa menyampaikan kepada calon nanti bagaimana tekhnis pemeriksaan kesehatan,” imbuhnya.

Perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Rizki menambahkan mekanisme atau tekhnis pemeriksaan kesehatan nantinya baru akan dijelaskan 1 (satu) hari sebelum dilakukannya pemeriksaan.

”Mekanisme pemeriksaan kesehatan nantinya akan kami sampaikan sehari sebelum pemeriksaan oleh tim pemeriksa,” kata Rizki.

Selain itu KPU juga mengingatkan bahwa calon harus menyiapkan laporan harta kekayaan pejabat negara dari KPK, surat keterangan yang tidak pailit yang dikeluarkan Pengadilan Niaga Medan.

”Berkas kelengkapan dari instansi lain itu harus disiapkan dari sekarang. Jadi saat mendaftar berkas sudah lengkap,” kata Robby.

Sementara itu, anggota KPU Provinsi Kepri Arison yang hadir dalam kesempatan tersebut mengingatkan agar parpol mengingatkan agar pendukung yang belum Memiliki KTP-el, agar segera melakukan perekaman. Karena untuk dijadikan masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap harus memiliki KTP-el atau suket dari Dinas Kependudukan Tanjungpinang. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here