KPU Gandeng IDI-BNN dan Psikolog

0
452
RAPAT PILKADA: Robby Patria (tengah) didampingi komioner KPU lainnya menggelar rapat dengan IDI, BNN dan Hipmsi Kepri di kantor KPU, Jumat (29/12). f-istimewa

Jelang Pemeriksaan Kesehatan Cawako-Cawawako

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tanjungpinang, Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanjungpinang dan Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) Provinsi Kepri menjelang Pilwako Tanjungpinang 2018.

TANJUNGPINANG – KETUA KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan, sesuai Peraturan KPU (PKPU) No.3 tahun 2017 tentang Pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepada Daerah, KPU harus menggandeng IDI, BNN dan Himpsi sebagai tim pemeriksa kandidat wali kota dan wakil wali kota nanti.

Sebagai persiapan menjelang pendaftaran nanti, maka KPU Tanjungpinang sudah menggelar tiga kali pertemuan dengan IDI, BNN dan Himpsi. Jumat (29/12) kemarin, merupakan pertemuan yang ketiga kalinya.

Pertemuan kemarin digelar di Kantor IDI Tanjungpinang di RUSD Tanjungpinang. Adapun rakor ini sebagai pemantapan persiapan menjelang pendaftaran Cawako-Cawawako nanti.

Robby mengatakan, pendaftaran pasangan Cawako dan Cawawako di KPU dimulai, 8-10 Januari 2018. Sebelum KPU menetapkan pasangan calon, maka harus dilakukan pemeriksaan kesehatan, kejiwaan (psikologis) dan urine.

Yang melakukan pemeriksaan kesehatan adalah dokter spesialis yang sudah tiga tahun mengabdi atau sudah tiga tahun lulus dari kuliah kedokteran spesialis.

”Dokter yang memeriksa kesehatan nanti adalah anggota IDI. Sedangkan yang memeriksa urine calon wako-cawawako adalah BNN. Dilakukan juga pemeriksaan psikologis kandidat oleh Himpsi,” ujar Robby, Jumat (29/12).

Ditambahkannya, adapun rumah sakit yang akan digunakan untuk pemeriksaan kandidat nanti adalah rumah sakit pemerintah yang lengkap fasilitasnya baik tipe A maupun tipe B.”Dalam waktu dekat akan kita tentukan rumah sakit mana yang akan dipakai untuk melakukan pemeriksaan setelah mendapatkan rekomendasi dari IDI. Mereka yang bekerja di rumah sakit, jadi tahu mana rumah sakit yang paling lengkap,” tambahnya.

Adapun hasil pemeriksaan kesehatan, psikologi dan urine akan diserahkan IDI, BNN dan Himpsi ke KPU Tanjungpinang. Hasil pemeriksaan ini menjadi acuan dalam penetapan pasangan.

Pemeriksaan kesehatan, psikologi dan urine cawako-cawawako nanti adalah tanggal 15-16 Januari 2018. Sedangkan penetapan pasangan calon, tanggal 12 Februari 2018.

”Meski masih ada waktu beberapa hari lagi, namun persiapan sudah kita matangkan sejak awal. Pertemuan tadi pagi dalam rangka melakukan persiapan pemeriksaan kesehatan bakal calon wali kota dan calon wakil wali kota,” tambahnya.

KPU juga mempersiapkan enam berkas untuk kandidat yang akan mendaftar. Untuk pasangan dari partai politik disiapkan 4 berkas dan untuk jalur perorangan atau independen 2 berkas. Terkait berapa pasang yang mendaftar nanti, pastinya baru ketahuan tanggal 10 Januari mendatang.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here