KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara

0
93
PETUGAS KPU Karimun ketika melaksanakan simulasi pemungutan suara Kamis (4/4) kemarin di Halaman Kantor KPU. F-ALRION/tanjungpinang pos

KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun melaksanakan simulasi pemungutan suara, Kamis (4/4) kemarin di Kantor KPU Karimun Jalan Poros.

”Simulasi ini dipandang perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman pada masyarakat. Nanti undangan hari ini, mensosialisasikan tata cara pemungutan suara atau pencoblosan pada 17 April nanti di TPS masing masing,” kata Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko.

Sekaligus memberikan pemahaman pada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan aparat keamanan apa saja yang dilakukan dalam proses pencoblosan, pemungutan, perhitungan hingga rekapitulasi surat suara.

Termasuk mengevaluasi apa-apa yang terjadi, pada saat pencoblosan surat suara. Termasuk apakah terlalu lama di bilik suara, atau surat suara yang besar dan sebagainya.

Sekaligus membangun pemahaman masyarakat tentang mekanisme pemungutan, dan perhitungan surat suara dan sekaligus menyelesaikan waktu dalam rekapitulasi.

Pemungutan suara dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, dengan membawa C6 dan membawa identitas pemilih seperti KTP, SIM, Paspor bagi pemilih yang sudah terdaftar.

Bagi yang belum terdaftar pemilih, harus membawa KTP atau Suket saat ke TPS. Sedangkan, proses pencoblosan dimulai pendaftaran oleh petugas KPPS yang dilanjutkan dengan mengambil surat suara lima lembar.

Sebelum pencoblosan bagi pemilih harus dicek dahulu surat suara sebelum masuk ke bilik suara.

”Pada pemilu ini Kotak suara ada lima untuk presiden dan wakil presiden berwarna abu-abu, kemudian kotak suara DPR RI berwarna kuning, kotak suara DPD RI berwarna merah, kotak suara DPRD Provinsi berwarna biru dan DPRD Kabupaten berwarna hijau yang sesuai dengan surat suara,” sebut Eko Purwandoko.

Ia juga berharap, masyarakat memberikan hak pilihnya ketika Pemilu 17 April nanti dengan mendatangi TPS yang ditentukan.

Dengan demikian, masyarakat telah mempedulikan kemajuan negara dan bangsa dengan memilih calon pemimpin yakni presiden dan wakil rakyat. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here