KPU Kepri Coret Empat Bacaleg

0
39
Arison

Parpol Bakal Ganti

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri mencoret empat nama bakal calon legislatif (bacaleg) Provinsi Kepri. Karena tiga bacaleg merupakan mantan narapidana (napi) kasus korupsi. Satu bacaleg lagi merupakan mantan napi kasus pidana umum.

KPU mencoret bacaleg mantan napi pidana umum karena tak mengumumkan ke media massa, salah satu persyaratan yang perlu dipenuhi saat maju sebagai bacaleg tahun 2019. Seharusnya yang bersangkutan mengumumkan di media massa yang menyatakan bahwa dirinya pernah terjerat masalah hukum.

”Hal itu tidak dilakukan oleh bacaleg tersebut. Dan bukti, bahwa dirinya pernah terjerat masalah hukum tidak dilampirkan dalam persyaratan kemarin,” kata Devisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu dari KPU Provinsi Kepri, Arison kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (31/8).

Tiga bacaleg Provinsi Kepri merupakan mantan napi korupsi berinisial Ha dari Partai Berkarya, Ja dari Partai Berkarya dan Na dari Partai Hanura.

Sedangkan satu bacaleg lagi yang pernah terjerat masalah hukum masuk kategori pidana umum berinisial Ne dari PPP.

Atas laporan dari masyarakat, KPU Provinsi Kepri sudah meminta partai politik (parpol) untuk melakukan klarifikasi. Hasilnya, parpol tersebut membenarkan bahwa bacaleg yang diusungnya merupakan mantan napi korupsi dan napi pidana umum. Dengan adanya itu, KPU Kepri memberikan kesempatan kepada parpol untuk mengganti bacaleg tersebut. Ada syarat yang perlu dipenuhi oleh parpol pada saat ingin mengganti bacaleg tersebut yakni caleg harus sosok baru.

”Tahapan pergatian caleg mulai dari 4-11 September 2018,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here