KPU Kepri Menanti Janji Hibah Lahan

0
177
Endri Sanopaka
Pengamat politik dari Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka mengatakan Pemerintah Provinsi pKepri telah berjanji akan menghibahkan lahan untuk kantor KPU Kepri.

TANJUNGPINANG – Tapi sampai saat ini lahan hibah belum diberikan. Pemprov Kepri tidak peduli terhadap KPU lembaga penyelenggara pemilu itu. Saat ini di Indonesia, kantor KPU Kepri termasuk yang kurang baik dari 34 provinsi.

”Sangat kita sayangkan sekali,” kata Endri kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (21/12).

Karena, kata Endri, dengan beban tugas KPU Provinsi Kepri yang terbilang besar. Meskipun KPU bagian dari lembaga independen yang strukturnya vertikal.

Tapi, peran KPU Provinsi Kepri dalam penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta supervisi Pilkada kabupaten/kota, semestinya jadi pertimbangan bagi Pemprov Kepri, dalam hal ini Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun.

Apa lagi, lanjut dia, ini menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang memang intensitas kinerja KPU sangat tinggi. Sudah semestinya KPU memiliki kantor yang representatif. Sehingga dapat melayani peserta Pemilu dan juga masyarakat.

”Jadi, kita berharap Gubernur dapat merealisasikan janjinya kepada KPU Provinsi Kepri terkait hibah lahan,” harap dia.

Kemungkinan, dengan adanya ketersediaan lahan untuk pembangunan kantor KPU, yang alokasi anggarannya sepertinya sudah disediakan. Hanya masalah lahan yang perlu difasilitasi oleh Pemprov Kepri.

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati mengatakan, pihaknya sudah puluhan kali mengirim surat pengajuan atau permohonan hibah lahan kepada Pemprov Kepri. Pemprov Kepri hanya memberikan janji hingga PHP kepada KPU Provinsi Kepri.

”Sudah capek kita. Karena tidak ada realisasi hibah lahan ke kita dari Pemprov Kepri,” kata Sriwati.

Kalau sudah dihibahkan, lanjut dia, KPU Provinsi Kepri bakal mengajukan permohonan ke KPU RI. Isi pengajuan, bahwa KPU Provinsi Kepri meminta KPU RI mengucurkan anggaran untuk pembangunan Kantor KPU Provinsi Kepri. ”Kalau Pemprov Kepri menghibahkan lahan ke kita,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here