KPU Kota Bakal Libatkan Sipir Rutan

0
158
M Hafids Diwa Prayoga

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang bakal melibatkan Sipir Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Tanjungpinang pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 ini. Pasalnya, pihak KPU Kota Tanjungpinang akan mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) berada di dalam Rutan Kelas II Tanjungpinang beralamat Jalan Kesehatan.

”Kita hanya buat satu TPS saja di dalam Rutan,” kata M Hafidz Diwa Prayoga, Divisi Program dan Data KPU Kota Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (22/3).

Nanti, ada 9 Sipir Rutan Kelas II Tanjungpinang yang bakal jaga hingga menjaga keamanan di TPS pada 17 April 2019. Dari 9 Sipir Rutan, ada 7 Sipir akan dijadikan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Dua Sipir Rutan lagi akan dijadikan Anggota Linmas. Mereka tetap menggunakan seragam Linmas, seperti petugas lainnya yang sedang berjaga hingga mengamankan TPS tersebut.

Sebelumnya, pihaknya akan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) terhadap 9 Sipir Rutan Kelas II Tanjungpinang. Rencananya, Bimtek untuk seluruh anggota KPPS di seluruh Kota Tanjungpinang akan dilakukan pada awal April 2019.

”Mudah-mudahan diawal bulan April,” terang dia.

Saat ini, pihaknya menerima data sementara sekitar 330 orang, yang menghuni di dalam Rutan Kelas II Tanjungpinang. Tapi, belum tentu semua penghuni Rutan Kelas II Tanjungpinang bisa menyalurkan hak pilih.

Kemungkinan, bisa jadi penghuni Rutan belum melakukan perekaman KTP elektronik. Sehingga narapidana tersebut belum mengantongi KTP elektronik.

”Nanti, kita akan cek kembali untuk angka pastinya, berapa banyak penghuni Rutan yang bisa coblos pada 17 April nanti,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here