KPU Kota Perbaiki Dokumen PHPU Pileg

0
111
Pegawai KPU Kota Tanjungpinang melakukan perbaikan dokumen PHPU Pileg 2019. Mereka serius memperhatikan data pileg khusus di Dapil II Tanjungpinang Timur. F-Andri Dwi S/Tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Menjelang registrasi laporan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang sedang melakukan perbaikan dokumen Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Hal ini sedang dilakukan Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution didampingi Divisi Hukum dan Pengawasan Internal KPU Kota Tanjungpinang, Andri Yudi bersama beberapa petugas mengenakan seragam kemeja putih berada di lantai dua Kantor Sekretariat KPU Kota Tanjungpinang berada di Jalan Handjoyo Putro, Km 8 Atas, Kelurahan Batu IX, Senin (24/6).

Setiap petugas yang mengenakan seragam kemeja putih memiliki tugas masing-masing. Ada petugas memperhatikan hingga membaca data tercantum pada kertas putih. Lalu, petugas satunya catat data yang telah disebutkan.

Andri Yudi mengatakan, KPU RI meminta KPU Kota Tanjungpinang untuk melakukan perbaikan dokumen PHPU Pileg. Pasalnya, ada perubahan dalil yang disebutkan dalam laporan gugatan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) Kota Tanjungpinang di MK.

Dalil awalnya, Partai Garuda merasa dirugikan atas hilangnya perolehan suara Pileg 2019 sebanyak 213 suara. Dari 213 suara, sebanyak 150 suara masuk di Partai Golkar dan 63 suara lagi masuk ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Lalu dalil yang dibunyikan sekarang, pihak Partai Garuda kehilangan perolehan sebanyak 148 suara pada Pileg 2019. Perolehan sebanyak 148 suara yang di klaim milik Partai Garuda hilang dan masuk ke Partai Golkar.

Dengan hilangnya perolehan sebanyak 148 suara, Partai Garuda tidak bisa mendapat kursi 12 di Daerah pemilihan (Dapil) II berada di wilayah Tanjungpinang Timur.

”Itu kata dalil yang dibunyikan Partai Garuda dalam laporan gugatannya di MK RI,” ucap Andri.

Dokumen yang bakal disiapkan KPU Kota Tanjungpinang menghadapi sidang PHPU Pileg di MK RI nanti, mulai dari dokumen daftar undangan rapat pleno terbuka di tingkat Kota Tanjungpinang, tanda terima rekapitukasi tingkat Kota Tanjungpinang, hasil rekapitulasi perolehan suara Pileg 2019 tingkat Kota Tanjungpinang, daftar kejadian khusus di tingkat Kota Tanjungpinang.

Dokumen pendukung lainnya, seperti daftar hasil rekapitulasi perolehan suara Pileg tingkat Kecamatan, daftar hadir, kejadian khusus, daftar hasil rekapitulasi tingkat Kelurahan.

”Semua dokumen yang kita siapkan ini khusus di Dapil dua wilayah Tanjungpinang Timur saja. Karena yang digugat di Dapil Tanjungpinang Timur,” terang dia.

Setelah disiapkan, pihaknya akan menyiapkan 4 rangkap dokumen tersebut. Satu rangkap dokumen asli yang sudah diberikan materai 6000 dan dibubuhi legalisir dari Kantor Pos. 3 rangkap lagi, adalah dokumen yang sudah difoto copy dari dokumen asli tersebut.

”Intinya, secara data sudah siap dan tidak ada persoalan. Kita tunggu saja, apakah laporan gugatan yang diajukan Partai Garuda masuk registasi MK RI atau tidak,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here