KPU Kurang 284 Lembar Surat Suara

0
102
Andri Yudi

24 April, Lima TPS Dilakukan PSU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang masih membutuhkan sebanyak 284 lembar surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres). Pasalnya, KPU Kota Tanjungpinang hanya menyimpan (stok) surat suara Pilpres sebanyak 1.000 lembar.

TANJUNGPINANG – ”Karena kita butuh 1.284 lembar surat suara pilpres,” kata Andri Yudi, Divisi Hukum dan Pengawasan Internal KPU Kota Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos di Kantor Sekretariat KPU Kota Tanjungpinang berada di Jalan Handjoyo Putro, Km 8 Atas Tanjungpinang, Jumat (19/4).

Selain itu, pihaknya juga masih memiliki stok surat suara yang tertulis nama calon anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Masing-masing sebanyak 1.000 lembar surat suara.

Tiga jenis surat suara tersebut, kata Andri, untuk memenuhi kebutuhan pada saat Pemungutan Suara Ulang (PSU) di lima Tempat Pemungutan Suara (TPS) berada di Kota Tanjungpinang. Lima TPS yang melakukan PSU Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tersebar di dua wilayah Kecamatan, yakni Kecamatan Tanjungpinang Timur sebanyak 1 TPS, dan Kecamatan Bukit Bestari sebanyak 4 TPS.

Untuk di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur yang melakukan PSU berada di TPS 14, Kelurahan Pinang Kencana. Empat TPS lagi berada di wilayah Kecamatan Bukit Bestari tepatnya di Kelurahan Tanjung Ayun Sakti. Ada di TPS 14, TPS 17, TPS 31 dan TPS 32.

Setiap TPS berbeda jumlah masyarakat yang memiliki hak pilih. Untuk TPS 14 berada di Kelurahan Pinang Kencana, yang akan melakukan PSU sebanyak 9 orang.

Begitu juga di TPS 32 berada di Kelurahan Tanjung Ayun Sakti yang akan menyalurkan hak pilih pada PSU sebanyak 9 orang.

Kemudian, di TPS 17 yang akan melakukan PSU sebanyak 5 orang. Di TPS 14 Kelurahan Tanjung Ayun Sakti sebanyak 15 orang. Sedangkan di TPS 31 sebanyak 32 orang.

Mereka yang tidak terdaftar di Daftar Pemilihan Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), tidak mengurus surat pindah pilih sering disebut A5 dan memiliki KTP elektronik di luar Kota Tanjungpinang, bakal memilih calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPD RI dan calon anggota DPR RI.

Yang memilih calon presiden dan wakil presiden, adalah pemilih yang akan menyalurkan hak pilihnya di TPS 32 dan TPS 17. Sedangkan pemilih yang akan memilih calon anggota DPD RI dan calon anggota DPR RI berada di TPS 14 Kelurahan Pinang Kencana, TPS 31 dan TPS 14 berada di Kelurahan Tanjung Ayun Sakti.

”Saat ini, kita masih menunggu surat suara tambahan untuk Pilpres dari KPU RI. Mudah-mudahan, hari Senin ini surat suara tambahan tersebut datang,” sebut dia. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here