KPU Matangkan Debat Publik Terakhir Pilwako

0
689
KPU, Panwaslu dan stakeholder menggelar rapat persiapan debat publik paslon Wako putaran terakhir, kemarin.f-istimewa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk meningkatkan pengamanan saat pelaksanaan debat pamungkas Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang digelar Hotel CK Tanjungpinang, Besok Jumat, 22 Juni.

TANJUNGPINANG – Ketua KPU Tanjungpinang Robby menegaskan persiapan untuk ajang debat ketiga sudah matang. Termasuk, soal keamanan yang akan dibantu jajaran Kepolisian dan TNI. Seperti Rabu (20/6) kemarin, KPU menggelar rapat persiapan debat dengan para stakeholder, termasuk tim sukses kedua calon Wali Kota Tanjungpinang, nomor urut 1 H Syahrul-Maya dan calon nomor urut 2 H Lis Darmansyah-Maya Suryanti.

”Persiapan kita sudah matang untuk menggelar debat ketiga,” kata Robby Patria, di Hotel CK Tanjungpinang, kemarin.

Baca Juga :  Harus Bisa Kurangi Pengangguran dan Banjir

Sementara itu, Pengamat politik dari Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka menilai, debat publik Pilwako Tanjungpinang ke tiga sangat penting dipahami serta dikuasai oleh dua pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang.

”Tema debat kita yang terakhir ini, adalah reformasi birokrasi, informasi teknologi dan kependudukan. Karena semua ini masih banyak permasalahan yang sedang dihadapi di daerah kita sendiri. Saya yakin, publik pasti ingin tahu konsisten serta keseriusan calon kepala daerah kita ini,” kata Endri, kemarin.

Kata Endri, salah satu pelayanan yang masih kendala di Tanjungpinang adalah permasalahannya KTP-el. Semua daerah termasuk Kota Tanjungpinang sedang dihadapi permasalahan KTP-el. Permasalahan ini langsung dirasakan oleh masyarakat (publik).

Baca Juga :  PDIP Kuasai Tanjungpinang

Contoh, si A sudah melakukan perekaman KTP-el hingga mendapatkan surat keterangan alias suket. Karena dengan alasan tidak ada blanko KTP-el. Jadi, sementara harus menggunakan suket.

Setelah masa berlaku suket sudah habis selama enam bulan, si A datang lagi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang. Ternyata, data si A sudah tidak ada di selver milik Disdukcapil.

”Ini perlu ditangani serius oleh calon kepala daerah tersebut, setelah terpilih nanti. Dan publik perlu tahu bentuk keseriusan penanganan yang diberikan oleh calon disaat debat nanti. Ini perlu dijabarkan oleh paslon tersebut,” terang dia.

Ia yakin, pertanyaan yang dibuat oleh panelis di debat publik ke tiga ini pasti tajam dan sangat matang. Pasalnya, salah satu panelis yang ditunjuk atau diminta oleh KPU Kota Tanjungpinang di debat publik ke tiga adalah dari mantan Wakil Menteri Pendayagunbaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Prof Dr Eko Prasojo.

Baca Juga :  Paslon Santai Jelang Debat Putaran Pertama

”Kita ketahui bersama, beliau (Eko Prasojo, red) sangat mampu dan mengusai tentang reformasi birokrasi di lingkungan pemerintahan. Dan saya yakin kedua paslon sudah menyiapkan jawaban yang bakal ditanya oleh panelis nanti,” sebut dia. (ABAS-ANDRI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here