KPU Minta Surat Pengunduran Diri Awe dari Kemendagri

0
493
Bupati Lingga, Kepulauan Riau, Alias Wello (kanan) menunjukkan sejumlah pulau kosong di wilayah kerjanya yang potensial dijadikan pulau karantina kepada Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman (kiri) belum lama ini. F-dok/tanjungpinang pos

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri meminta surat SK pemberhentian Alias Welo sebagai Bupati Kabupaten Lingga dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sebelum penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) DPD RI.

TANJUNGPINANG – Sesuai tahapan, Daftar Caleg Sementara (DCS) baru disahkan 31 Agustus sampai dengan tanggal 3 September 2018. Setelah itu, baru penetapan DCT Anggota DPD RI 20-23 September 2018. Bila Bupati Lingga tidak bisa menyerahkan bukti SK pemberhentian dirinya sebagai Bupati dari Kemendagri, maka akan dicoret dari DCT sebagai Bacaleg DPD RI daerah pemilihan Provinsi Kepri.

Selain itu, ada lima Bacaleg juga sebagai pengurus partai juga harus menyerahkan surat pengunduran diri dari partainya ke KPU. Ini sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 30/PUU-XVI/2018 tentang larangan fungsionaris parpol mendaftar sebagai bakal calon (bacalon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebagaimana mestinya.

Baca Juga :  Puasa dan Sabar di Tahun Politik

Kelima Bacaleg DPD RI dari pengurus partai yakni Surya Makmur Nasution, M Syahrial, Dharma Setiawan, Alfin dan Sukri Farial. ”Kalau surat pengunduran diri yang dibuat secara pribadi, Pak Alias Wello atau Pak Awe nama panggilnya sudah menyerahkan ke kita (KPU, red). Surat pengunduran diri telah ditandatangani Pak Alias Wello di atas materai enam ribu,” kata Divisi Hukum KPU Provinsi Kepri, Widiyanto Agung S kepada Tanjungpinang Pos, Senin (30/7).

Surat pengunduran diri Alias Wello, sambung dia baru dibilang sah, apabila Bupati Kabupaten Lingga telah menyerahkan bukti pengunduran dirinya sebagai bupati dari Menteri Dalam Negeri.

Baca Juga :  Pemilih Berkurang 373 Jiwa

KPU Provinsi Kepri masih menunggu surat pemberhentian Alias Wello dari jabatan Bupati Kabupaten Lingga, yang dikeluarkan oleh Kemendagri sebelum masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPD RI. ”Masih ada waktu bisa saja Pak Alias Wello su dah mengurusnya sesuai presedur yang berlaku,” bebernya.

Meskipun dukungan sudah memenuhi syarat, lanjut dia, KPU Provinsi Kepri bakal mencoret nama Alias Wello dari daftar calon Anggota DPD RI, apabila tidak menyerahkan surat pengunduran dirinya yang dikeluarkan oleh Kemendagri. Artinya, Alias Welo belum memenuhi syarat pencalonan Anggota DPD RI. ”Tetap kita coret nama Pak Alias Wello dari DCT bila waktu yang sudah diberikan belum juga bisa melampirkan surat pengunduran dirinya dari Menteri Dalam Negeri,” tegas dia.

Baca Juga :  Ribuan Warga Sambut Soerya

Sementara itu, Sekda Kabupaten Lingga HM Juramadi Esram, saat dikonfermasi mengatakan, awalnya Bupati Lingga sudah mengajukan pengunduran diri ke Gubernur Kepri, sesuai presedur yang berlaku. Namun, Gubernur mengembalikan surat pengunduran diri bupati, karena harus di paripurnakan dulu dengan DPRD Kabupaten Lingga. Setelah diparipurnakan, baru bupati kembali mengajukan pengunduran dirinya sebagai bupati ke Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Pemprov Kepri meneruskan ke Kemendagri. Dan, Kemendagri nanti baru memprosesnya.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here